Inspektorat DKI Akui SKPD Boros Anggaran

LB Ciputri Hutabarat    •    27 November 2015 08:05 WIB
mutasi pns dki
Inspektorat DKI Akui SKPD Boros Anggaran
Kepala Inspektorat DKI Jakarta Lasro Marbun (tengah). (Foto: MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi DKI Jakarta diketahui melakukan pemborosan anggaran. Hal itu terlihat dari banyaknya mata anggaran mubazir yang masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran - Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016.

"Penggunaan anggaran seharusnya berbasis kinerja. Setiap program kerja harus diinventarisasi. Pejabat harus mengetahui dan menyusun program prioritas," kata Inspektorat Provinsi DKI Jakarta Lasro Marbun di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (26/11/2015).

Lasro mengklaim ikut mendampingi saat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memeriksa ulang KUA-PPAS DKI 2016. Menurutnya, masih banyak SKPD yang menyusun anggaran kegiatan tak mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI.

“Masalah yang muncul tidak selalu penggelembungan harga barang. Ada temuan telalu banyak sewa, kerja sama dengan pihak ketiga, pengelola acara. Padahal bisa dikerjakan sendiri. Makanya perencanaan ini menjadi tidak valid,” ujarnya.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja akan merombak kabinetnya hari ini. Sejumlah SKPD mulai eselon IV hingga eselon II bakal dirotasi, mutasi dan demosi. Termasuk pencopotan kepala dinas yang dinilai tidak sejalan dengan Ahok.

Beredar kabar, Ahok akan mengganti enam kepala dinas. Mereka diduga bermain-main dengan anggaran, mulai dari penggelembungan harga barang hingga menyiasatinya dengan menjalin kerja sama pihak ketiga.


(FZN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /