Gunung Barujari Kembali Meletus

Yusuf Riaman    •    27 November 2015 13:17 WIB
gunung rinjani
Gunung Barujari Kembali Meletus
Erupsi Gunung Barujari meningkat. Foto: Ant/Ahmad Subaidi.

Metrotvnews.com, Mataram: Gunung Barujari kembali meletus. Anak Gunung Rinjani itu menyemburkan debu vulkanis sejak kemarin. Debu vulkanis menerpa wilayah Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dan sekitarnya.

Aktivitas Gunung Barujari yang berada di Kabupaten Lombok Timur sempat mereda lebih dari dua minggu. "Pagi tadi setidaknya terjadi dua kali letusan, tetapi tidak ada gempa tremor," kata petugas pos pengamatan Gunung Rinjani, Zulkarnain, kepada Media Indonesia, Jumat (27/11/2015).

Semburan asap mencapai ketinggian 1.500 meter dari atas mulut kawah atau sekitar 4.000 meter dari atas permukaan laut. Ketinggiran semburan sedikit menurun dibandingkan kemarin yang mencapai 2.000 meter. Pergerakan asap mengarah ke barat, dan barat daya dari Pulau Lombok.

Erupsi tidak sampai menimbulkan aliran lava seperti letusan sebelumnya. Namun material letusan tersebut masuk ke dalam Danau Segara Anak.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Meteorologi, Selaparang, Bandara Internasional Lombok, NTB, siang ini pergerakan debu vulkanis mengarah ke barat-barat daya dan nampaknya sudah melewati Pulau Lombok.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Agus Budiono mengatakan, larangan pendakian masih tetap diberlakukan. Jalur pendakian baru akan dibuka setelah benar-benar dinyatakan aman tidak ada lagi letusan. "Kita harus minta rekomendasi dari Vulkanologi," ujar Agus.

Agus belum bisa menjelaskan bagaimana kondisi Danau Segara Anak setelah diterjang lava. Selama ini danau tersebut merupakan salah satu lokasi yang menarik para pendaki.

Dikhawatirkan ikan-ikan di danau mati semua akibat terjangan lahar panas. "Untuk kondisi di danau kita belum mengirimkan petugas ke sana," kata Agus. 


(DOR)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /