Wamenlu: Dorong Kapal Pengungsi Tak Sejalan Prinsip Kerja Sama

Fajar Nugraha    •    27 November 2015 13:27 WIB
imigran gelap
Wamenlu: Dorong Kapal Pengungsi Tak Sejalan Prinsip Kerja Sama
Wamenlu A.M Fachir (Foto: MTVN/Fajar Nugraha)

Metrotvnews.com, Jakarta: Australia kembali mendorong kapal berisi pengungsi ke wilayah Indonesia. Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir menilai ini tak sejalan prinsip kerja sama.

Berbicara usai pembukaan Jakarta Declaration Roundtable Meeting on Addressing the Root Causes of Irregular Movement of Persons di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, 27-28 November 2015, Wamenlu menegaskan kembali sikap Indonesia terkait kebijakan push back (mendorong kapal pengungsi ke wilayah Indonesia) dari Australia.

"Tindakan unilateral jelas sekali tidak sejalan dengan semangat kerja sama dari kedua negara. Maka kita juga perlu membahas masalah ini bersama," ujar A.M Fachir, di Jakarta, Jumat (27/11/2015).

"Kami sudah membahas masalah ini cukup lama. Sangat diperlikan persepsi umum dan tindakan atas isu tersebut, karena tindakan unilateral tidak akan menyelesaikan masalah," imbuh mantan Dubes Indonesia untuk Arab Saudi itu.

Wamenlu menambahkan sikap Indonesia terkait masalah ini dan menyebutkan bahwa, "Prinsip Indonesia dalam menangani kasus ini tetap menggunakan pendekatan kemanusiaan".

"Kita menampung pengungsi dan memproses sesuai dengan ketentuan internasional," jelas Wamenlu.

Menurut Sydney Morning Herald, Jumat (2711/2015), 16 pengungsi asal Bangladesh dan seorang kapten kapal warga Indonesia, didorong kembali ke wilayah Indonesia pada Jumat (20/11/2015) pekan lalu. Para pengungsi ini tiba di Kupang Barat pada Kamis (26/11/2015).

Kapal tersebut didorong oleh kapal Angkatan Laut Australia dan tiba di Pantai Tablolong, setelah dibantu warga. Seorang polisi yang membantu para pengungsi mengatakan, pengungsi ini bisa tewas jika tidak ada yang menemukan.


(FJR)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

3 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /