Cara Tepat Menangani Anak yang Tersedak

   •    27 November 2015 15:23 WIB
kesehatan anak
Cara Tepat Menangani Anak yang Tersedak
Pastikan si kecil mampu mengunyah dengan baik. (Foto:Mirror.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus tersedak makanan hingga merenggut nyawa kembali terjadi. Seorang bocah berusia tiga tahun asal Tegal, Jawa Tengah, tewas setelah tersedak cilok.  (Bocah 3 Tahun Tewas Tersedak Cilok)

Dokter Spesialis Anak dr. Rudi menjelaskan, bahwa para orangtua harus lebih teliti lagi dalam memilihkan makanan bagi sang anak.

"Makanan yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan mengunyah si anak," ungkapnya seperti yang dikutip dari Metro TV.

Setiap orangtua juga harus tahu bagaimana cara yang benar menangani anak yang tersedak, lanjutnya. Saat melihat anak tersedak, orang tua harus sigap mengambil tindakan dengan membuatnya berada dengan posisi tengkurap, dengan posisi kepala di bawah dan kaki berada di badan orangtua (seperti menidurkan anak dipangkuan).

"Mulutnya usahakan terbuka. Kemudian tepuk bagian belakang menggunakan punggung tangan kita sebanyak lima kali," imbuhnya.

Setiap tepukan jangan terlalu kuat. Sebab, menurut dr. Rudi jika terlalu kuat malah bisa mencederai punggung sang anak. Setelah lima kali tepukan, coba cek apakah benda asing yang membuat tersedak sudah keluar atau tidak.

Nah, bila belum berhasil keluar, Dr. Rudi mengatakan untuk langsung membalik posisi anak yang tadinya tengkurap menjadi terlentang dengan posisi kepala tetap lebih rendah ketimbang badan.

"Kalau sudah terlentang. Tekan ulu hati dan tekan sebanyak lima kali dengan menggunakan dua jari (jari telunjuk dan jari manis)," tambahnya.

Namun, ada hal yang perlu diingat. Sebelum melakukan tindakan penanganan masalah tersedak dengan tepukan, orangtua juga harus memperhatikan mulut sang anak.

"Cek dulu kalau yakin makanan masih ada di mulut segera ambil manual pakai tangan atau alat bantu seperti klep. Tapi, kalau benda asingnya sudah di ujung (tenggorokan) jangan gunakan tangan," jelasnya.

"Dengan adanya dorongan jari dapat membuat benda asing tersebut semakin masuk pada saluran pernapasan. Dan akibatnya bisa sangat fatal," tutupnya.  (Sumarni)


(LOV)

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma
Jelang Atletico vs AS Roma

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma

2 hours Ago

Atletico Madrid butuh kemenangan agar asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Akan tetapi, …

BERITA LAINNYA
Video /