BJB Aktivasi Tabungan SimPel di Jawa Barat

Jaenal Mutakin    •    27 November 2015 16:00 WIB
bjb
BJB Aktivasi Tabungan SimPel di Jawa Barat
Program SimPel. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Bandung: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk (BJB) memberi edukasi kepada para pelajar untuk membiasakan menabung melalui Program Simpanan Pelajar (SimPel). Perseroan pun menargetkan pembukaan dua juta rekening simpanan pelajar.

Program ini membiasakan para pelajar dari tingkat Sekolah Dasar, SLTP, hingga SMU, untuk bisa memiliki rekening tabungan atas nama sendiri, yang nantinya bisa melatih siswa tersebut untuk mengelola uang sendiri.

"Gubernur memberikan target kepada BJB untuk dua juta rekening. Kami siap untuk merealisasikannya, dengan upaya kita akan mengedukasikan kepada para pelajar, dan akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten kota," kata Direktur Utama BJB, Achmad Irfan, setelah acara Aktivasi rekening Simpel BJB, di Gedung Sate, Bandung, Jumat (27/11/2015).

Irfan menambahkan, program ini mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menggalakan kembali budaya menabung dari dini. Karenanya, Program SimPel yang telah diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 14 Juni 2015 ini nantinya akan diterbitkan secara nasional oleh seluruh perbankan di Indonesia.

"Sangat mudah bagi para siswa untuk menabung, setoran awal hanya Rp5.000, pelajar akan langsung mendapatkan buku tabungan atas nama dirinya, selain itu akan diterbitkan ATM pelajar dengan memakai Foto pemilik, (Karena banyak Orang suka Foto Selfy)," kata Irfan.

Tabungan pelajar ini menjanjikan, meski secara nominal masih terbilang kecil karena merupakan dana murah. Saat ini, data yang telah memiliki Rekening BJB Simpel sudah mencapai 54.429 rekening di Jawa Barat dan Banten, dengan nasabah dari pelajar SD, SMP dan SMA/SMK yang telah bekerja sama dengan 273 sekolah di Jabar.

Selain mendorong kegiatan menabung, pihaknya juga mengerahkan lima unit mobil edukasi yang akan datang ke setiap sekolah. Mobil ini akan mengajarkan kepada para pelajar tentang layanan perbankan.

"Kami Ingin menciptakan kegiatan menabung yang menyenangkan," ucapnya.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, jumlah pelajar terbanyak di Indonesia berada di Jawa Barat, sehingga diharapkan mencapai target dua juta rekening BJB.

"Saya yakin bisa mencapai target yang diharapkan, walaupun tabungannya kecil, tapi kalau terkumpul menjadi besar, dengan dua juta rekening dikali satu juta dari tiap tabungan maka akan terkumpul Rp2 miliar," paparnya.

Agenda aktivasi rekening simpel dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Ketua DPRD Ineu Purwadewi, serta Ketua Dewan Audit dan Anggota Komisioner OJK Ilya Avianty, di wilayah I terdapat 16 kantor cabang, 99 kantor cabang pembantu, 105 kantor kas, 40 payment point, 402 ATM, dan enam weekend banking.


(AHL)

Video /