Mantan Bos Bursa Ragu BUMN Mampu Ambil Saham Freeport

Suci Sedya Utami    •    27 November 2015 16:27 WIB
freeport
Mantan Bos Bursa Ragu BUMN Mampu Ambil Saham Freeport
Mantan Direktur Utama BEI Ito Warsito (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah hingga kini tidak kunjung menyiapkan anggaran untuk menambah porsi kepemilikan saham dalam divestasi PT Freeport Indonesia. Artinya, peran perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan lebih didorong untuk mengeksekusi pengambilalihan itu.

Meski pemerintah menganggap BUMN mampu mengambil alih, namun mantan Direktur Utama Bursa Efek Inodnesia (BEI) Ito Warsito memiliki pandangan lain. Ia justru mempertanyakan bila BUMN diberi kewenangan untuk membeli saham Freeport Indonesia maka apakah pemerintah mengucurkan anggaran khusus bagi BUMN yang membeli saham itu.

Pernyataan Ito bukan tanpa alasan. Anggaplah harga saham Freeport Indonesia masih sama seperti di 2009 ketika Freeport Indonesia melepas sahamnya sebanyak 9,36 persen dan dibeli pemerintah. Namun, penekanan dalam hal ini adalah pemerintah harus menyediakan dana dua kali lipat dibandingkan ketika di 2009 mengingat porsi yang akan dilepas sebanyak 20 persen. 

"Kalau pemerintah menyuruh BUMN untuk membeli saham itu apakah pemerintah mau menyuntikan dana APBN ke BUMN," kata Ito, ketika ditemui di JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/11/2015).

Menurutnya, jika tidak ada anggaran khusus dari pemerintah melalui APBN maka BUMN yang ditunjuk untuk membeli saham Freeport Indonesia harus mencari pinjaman atau utang agar memiliki likuiditas memadai guna mengambil alih saham. 

Lebih lanjut, ia menambahkan, tidak ada salahnya bila divestasi Freeport Indonesia menggunakan skema Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana di pasar modal. "Kalau harus berutang, dari mana utangnya itu. Apakah dari dalam negeri atau luar negeri? Apakah BUMN siap untuk membayar bunga atas utang itu ?" pungkasnya. 


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /