Tax Amnesty Tak Jamin Bikin Dana Parkir di Luar Negeri 'Pulang Kampung'

Suci Sedya Utami    •    27 November 2015 16:42 WIB
tax amnesty
<i>Tax Amnesty</i> Tak Jamin Bikin Dana Parkir di Luar Negeri 'Pulang Kampung'
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/PRADITA

Metrotvnews.com, Jakarta: Wacana penerapan tax amnesty atau pengampunan pajak dalam rangka mendorong penerimaan negara masih menjadi perdebatan karena mengundang pro-kontra.

Anggota Dewan Nasional Ikatan Akuntan Indonesia, Ito Warsito, memandang, daripada Pemerintah menerapkan tax amnesty lebih baik memperbaiki aturan investasi yang lebih memudahkan agar dana wajib pajak Indonesia yang banyak diparkirkan di luar negeri kembali ke dalam negeri dalam bentuk investasi.

"Yang paling baik menurut saya memberikan aturan investasi yang memudahkan dana-dana orang Indonesia di luar negeri untuk diinvestasikan di Indonesia," kata Ito, ditemui di JW Marriot, Kuningn, Jakarta Selatan, Jumat (27/11/2015).

Mantan Bos Bursa Efek Indonesia (BEI) ini mengatakan, kebijakan pengampunan pajak ditujukan untuk menarik dana orang Indonesia yang parkir di luar negeri. Namun, jika diterapkan, Ia menilai tak akan memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan pemerintah.

"Si A punya uang di Singapura atau Hong Kong atau manapun, kalau mengharapkan si A bawa balik dengan menawarkan kebijakan tax amnesty, belum tentu akan terjadi, belum tentu dana yang parkir akan kembali," ujar dia.

Lebih jauh dia menambahkan, dengan adanya peraturan yang memudahkan untuk investasi di Indonesia, kemungkinan dana yang parkir di luar untuk pulang ke Indonesia dalam bentuk investasi akan lebih besar.

"Iya, mereka akan masuk sebagai investor luar negeri kan uangnya berasal dari luar. Sebenarnya kebijakan itu tujuannya untuk menarik dana-dana luar untuk ke Indonesia," jelas dia.


(AHL)

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda
Jelang Thailand vs Indonesia

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda

2 hours Ago

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia…

BERITA LAINNYA
Video /