Ini Manfaat Menangani Emosi dengan Cerdas

   •    27 November 2015 17:22 WIB
kepribadian
Ini Manfaat Menangani Emosi dengan Cerdas
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat emosi, setiap orang pasti akan gegabah dalam membuat keputusan. Terkadang, hasil dari emosional berujung pada penyesalan. Emosi perlu disikapi dengan cerdas dan Anda harus memahami emosi dengan baik agar mempromosikan emosional tumbuh lebih intelektual.

Sebab, ada banyak manfaat yang Anda dapatkan saat memiliki kecerdasan emosional. Berdasarkan penjelasan penulis buku Emotional Intelligence, Daniel Goleman, inilah yang terjadi saat Anda menangani emosi dengan cerdas.

1. Gunakan 'kepala' dan hati dalam memecahkan masalah
Orang yang mampu mengatur emosi dengan cerdas dapat memecahkan masalah dengan mempertimbangkan banyak hal. Biasanya Anda akan akan memikirkan dengan matang dan menelisik masalah tidak hanya berdasarkan fakta tetapi juga melihat hati. 

2. Lebih sadar diri
Kecerdasan emosional akan membawa Anda menjadi pribadi yang lebih sadar diri. Anda pasti akan benar-benar melihat apa yang menjadi akar permasalahan. Bila itu karena Anda, maka tak patut menyalahkan orang lain. 

3. Manajemen diri lebih kuat
Dengan mampu mengatur manajemen diri lebih kuat juga akan membantu Anda dalam mengatur emosi. Saat tertimpa masalah Anda tidak serta merta langsung menangis atau menyalahkan orang lain. Anda lebih terampil menata diri untuk mengetahui waktu dan tempat yang tepat untuk meluapkan emosi. 

4. Tumbuh menjadi pemimpin yang baik
Tentu saja, setiap pemimpin pasti orang-orang yang terpilih. Kebanyakan pemimpin memiliki sifat yang bijaksana dan pintar mengatur emosi. Oleh karena itu, bila Anda mempunyai kecerdasan emosional yang tepat tak menutup kemungkinan nantinya Anda terpilih sebagai pimpinan yang baik. 

5. Terampil bersosialisasi
Ini bukan berarti membuat Anda menjadi pribadi ekstrovert. Tapi, Anda akan muncul menjadi orang yang pintar bersosialisasi. Dengan mengatur emosi yang baik akan membuat Anda menjadi komunikator yang hebat dalam masyarakat. (Sumarni/Lifehack)


(LOV)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

14 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /