Alokasi Danais Bidang Kebudayaan di Yogya Susut 50 Persen

Patricia Vicka    •    27 November 2015 18:22 WIB
anggaran
Alokasi Danais Bidang Kebudayaan di Yogya Susut 50 Persen
Tugu Yogyakarta. (Antara/Noveradika)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Alokasi Dana Keistimewaan (Danais) untuk bidang kebudayaan tahun 2016 akan dipangkas 50 persen dibanding alokasi pada 2015.

Tahun depan, sektor kebudayaan hanya mendapat jatah 30 persen dari keseluruhan anggaran Danais senilai Rp574 miliar. Padahal, di tahun 2015, bidang kebudayaan mendapat pasokan hingga 60 persen dari total Danais.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono mengatakan penyusutan drastis ini dilakukan setelah adanya hasil evaluasi dari Kemendagri. "Hasil evaluasi mengatakan penyerapan danais bidang kebudayaan termin pertama dan kedua 2015 tidak maksimal. Sehingga, tahun depan hanya diberi dana 30 persen dari total Danais," ujar Umar di DPRD Yogyakarta, Jumat (28/11/2015).

Umar melanjutkan danais tahun depan akan difokuskan lebih banyak ke sektor tata ruang. Sebelumnya, bidang kebudayaan mandapatkan alokasi dana sekitar Rp224 miliar dari total Danais 2016 Rp574 Miliar.

Jumlah tersebut digunakan untuk membiayai lima program. Pertama, untuk renovasi rumah saudara Sri Hamengku Buwono X yakni Ndalem Yudhanegaraan yang menjadi Bangunan Cagar Budaya. Lalu, renovasi dua buah museum yakni Museum Diponegoro dan Museum Kekayon.

Keempat adalah untuk Renovasi Bangunan Pekapalan Kraton di Alun-alun Utara. Dan terkahir adalah untuk pembangunan makam baru di Immogiri. "Dana untuk pembangunan makam di Immogiri sekitar Rp5 miliar. Cukup banyak karena kami harus menebas gunung dan membuat talud," tuturnya.

Sebagai informasi penyerapan Danais bidang kebudayaan 2015 termin pertama dan kedua mencapai lebih dari 80 persen. Dari alokasi dana sebesar Rp224 miliar, dana yang sudah terpakai sebanyak Rp175 miliar. Sementara, Danais termin ketiga baru saja cair awal November lalu.


(SAN)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

8 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /