Wanita, Ini Tanda Organ Intim Anda Sehat

   •    28 November 2015 15:03 WIB
kesehatan
Wanita, Ini Tanda Organ Intim Anda Sehat
Kenali tanda organ intim Anda dalam kondisi sehat. (Foto;Idiva.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Organ intim wanita juga perlu diperhatikan. Apakah vagina Anda sehat atau tidak. Setidaknya, pemeriksaan organ intim Anda dilakukan ketika periode menstruasi untuk hasil yang akurat. 

Vagina yang sehat ditunjukkan dengan aroma dan cairan yang dikeluarkan. Tidak menyabuni area intim dengan sabun wangi, rajin berolahraga, mengenakan pakaian yang nyaman dan mengganti pembalut setiap enam jam sekali adalah cara untuk menjaga zona V tetap sehat.

Jika masih ragu, coba lihat ciri-ciri yang mengartikan organ intim Anda sehat.

1. Ejakulasi
Sama seperti pria, wanita juga mengalami ejakulasi saat bercinta. Walaupun perbandingannya hanya 1 dari 10 wanita, itu adalah hal yang normal. Kini, Anda tak perlu khawatir lagi.

2. Bentuk vagina berbeda
Setiap vagina memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Menurut para ahli bila wanita memiliki organ intim berwarna gelap atau lebih kecil bahkan labia berbentuk asimetris merupakan hal yang lumrah.

3. Ketat dan longgar
Kebanyakan pria menganggap wanita perawan memiliki vagina lebih ketat ketimbang yang sudah menikah. Padahal ini tidak benar. Jaringan otot pada vagina akan otomatis meregang. Jadi itu bukanlah hal yang permanen. 

4. Kekeringan vagina
Alasan organ intim Anda kering akibat dari faktor stres, perubahan hormon dan berenang di saat estrogen tinggi. Tenang saja, hampir semua wanita mengalami masalah ini. Dan ini bukanlah hal yang perlu Anda besar-besarkan. 

5. Cairan putih
Vagina merupakan salah satu organ yang membersihkan dirinya sendiri. Secara alami, organ intim tersebut akan melumasi dengan cairan putih yang sedikit kental. Itu normal bila cairan yang dikeluarkan tidak berbau aneh atau berwarna kuning serta kehijauan. Sebab, jika demikian, bisa jadi vagina Anda terinfeksi. 

6. Bau tak sedap
Keringat dan cairan putih yang dikeluarkan vagina akan menyebarkan aroma tak sedap. Jangan khawatir, Anda hanya perlu sering-sering membersihkannya untuk mengurangi bau. 

7. Rambut vagina
Pertumbuhan rambut organ intim wanita bisa bervariasi. Jadi, bila Anda memiliki rambut genital yang kasar dan tebal itu bisa menunjukkan bahwa kemaluan Anda dalam keadaan sehat. (Sumarni/Boldsky)



(LOV)

Video /