On This Day: Pertandingan Sepak Bola Internasional Pertama Digelar

Krisna Octavianus    •    30 November 2015 06:57 WIB
pada hari ini
<i>On This Day:</i> Pertandingan Sepak Bola Internasional Pertama Digelar
Laga sepak bola internasional untuk pertama kali digelar (Foto: istimewa)

Metrotvnews.com: Hari ini 143 tahun yang lalu atau tepatnya pada 30 November 1872 sejarah sepak bola internasional dimulai. Pada saat itu ada pertandingan sepak bola internasional resmi pertama yang mempertemukan Inggris vs Skotlandia. Pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Sebelum pertemuan ini, kedua negara sebenarnya sudah pernah bertemu sebanyak lima kali sebelumnya dengan Inggris memenangi tiga pertandingan dan dua sisanya berakhir imbang. Akan tetapi, badan sepak bola dunia, FIFA tak mencatat pertandingan itu sebagai pertandingan resmi.

Hal itu tidak dicatat karena Skotlandia hanya diisi pemain-pemain yang pada saat itu bermukim di London, Inggris, tempat pertandingan digelar. Bukan seluruh pemain terbaik Skotlandia yang tampil saat itu.



Pada Oktober 1872, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) merupakan pencetus pertandingan persahabatan ini dan diputuskan dihelat di Glasgow, Skotlandia. Ini dilakukan FA sebagai upaya mereka mendorong agar terbentuk "Federasi Sepak bola Skotlandia" yang pada waktu itu belum ada.

Berhubung belum ada federasi resmi yang menaungi sepak bola di Skotlandia, maka klub tertua Skotlandia, Queen's Park FC dengan seluruh pemainnya menjadi perwakilan tim nasional mereka. Sementara Inggris diwakili oleh pemain dari sembilan klub berbeda dengan Oxford University menjadi penyumbang terbanyak.

Pertandingan ini dihelat di Hamilton Cerscent di Patrick. Pertandingan sempat ditunda karena adanya kabut yang menutupi stadion. Kurang lebih ada 4.000 orang yang menonton pertandingan saat itu dengan membayar uang tiket sebesar satu shilling (mata uang Britania Raya pada waktu itu).

Pertandingan ini harus berakhir dengan skor 0-0. Skotlandia sebenarnya menguasai pertandingan dengan dua tendangan on target, tapi mengenai mistar gawang. (tdifh)


(KRS)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /