Jepang akan Lanjutkan Perburuan Ikan Paus untuk Sains

Willy Haryono    •    30 November 2015 08:56 WIB
satwa
Jepang akan Lanjutkan Perburuan Ikan Paus untuk Sains
Ikan paus jenis minke. (Foto: takepart.com)

Metrotvnews.com, Tokyo: Jepang akan melanjutkan "riset" perburuan paus di Antartika pada akhir Maret tahun depan, lapor media lokal Negeri Sakura, di tengah desakan regulator global untuk menunjukkan lebih banyak bukti bahwa ekspedisi tersebut memang bertujuan untuk dunia sains.

Pengumuman muncul setelah perburuan paus dihentikan selama satu musim, setelah agensi PBB tahun lalu mengatakan ekspedisi Jepang itu hanya bertujuan untuk sektor komersil. 

Agensi Perikanan Jepang sejak saat itu terus membela diri, bahwa perburuan paus di Antartika murni untuk ilmu pengetahuan. Musim ini, Jepang berencana memangkas dua per tiga dari total jumlah paus yang akan ditangkap ke angka 333. 

Namun komite sains IWC mengatakan pada Juni bahwa Jepang tidak bisa memberikan detail mengapa mereka ingin membunuh hampir 4,000 ikan paus jenis minke di Antartika hingga 12 tahun ke depan. 

Jumat kemarin, seperti dilaporkan kantor berita Kyodo News, Jepang mengaku akan tetap menjalankan rencana ini tanpa ada perubahan. 

Surat kabar Yomiuri Shimbun dan media lainnya mengatakan kapal penangkap paus asal Jepang akan bertolak ke Antartika pada akhir Desember ini.


(WIL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /