Rumah Pintar Ini Selamat dari Kebakaran

Ellavie Ichlasa Amalia    •    30 November 2015 09:27 WIB
smart home
Rumah Pintar Ini Selamat dari Kebakaran
Ilustrasi kebakaran. (Getty Creative)

Metrotvnews.com: Kebakaran terjadi di Australia Selatan pekan ini. Kebakaran ini merusak banyak rumah. Meskipun begitu, seorang profesor berhasil menyelematkan rumahnya dengan mengaktifkan penyiram tanaman dari jarak jauh melalui smartphone.

Simon Maddocks, President dan Vice-Chancellor di Charles Darwin University, tahu mengenai kebekaran yang terjadi melalui temannya dan juga pesan yang dikirimkan CFS (Country Fire Service). Seperti disebutkan Engadget, saat kebakaran terjadi, dia sedang berada di kantornya di Darwin.

Tetapi dia tahu rumah dan ladang gandum miliknya terancam hancur. Karena itulah, dia lalu melacak penyebaran api menggunakan peta CFS melalui smartphone kemudian mengakses kamera CCTV yang ada di rumahnya.

"Mendadak, semua terlihat gelap. Terdapat sebuah bola api berwarna merah... Semuanya berubah dalam hitungan detik," kata Maddocks pada ABC News. Api dari kebakaran dengan cepat merusak semua tanamannya. Api mulai menjalar ke rumahnya. Maddocks merasa tidak berdaya. Tapi dia lalu menyalakan penyiram tanaman.

"Api menjalar ke rumah saya. Tapi saya beruntung rumah saya terselamatkan karena saya bisa menyalakan sistem irigasi yang ada di rumah saya dan karena saya memiliki tetangga yang melakukan patroli bersama pemadam kebakaran," katanya.

Hal ini membuktikan bahwa membangun sebuah smart home adalah tindakan cerdas.
(ABE)


Wasit Ovrebo: Saya Lakukan Kesalahan saat Chelsea va Barcelona
Liga Champions 2017--2018

Wasit Ovrebo: Saya Lakukan Kesalahan saat Chelsea va Barcelona

14 minutes Ago

Wasit Tom Henning Ovrebo telah mengakui bahwa dia membuat kesalahan saat Chelsea secara kontrov…

BERITA LAINNYA
Video /