Ini Alasan PLN Baru Tetapkan Tariff Adjustment

Annisa ayu artanti    •    30 November 2015 10:49 WIB
listriktarif listrik
Ini Alasan PLN Baru Tetapkan <i>Tariff Adjustment</i>
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) menyebut karena sejak Juli 2014 hingga Desember 2014 tarif listrik untuk golongan 1.300 VA dan 2.200 VA sudah mengalami kenaikan maka penerapan tariff adjustment pada golongan tersebut baru bisa ditetapkan di Desember 2015. Hal itu dilakukan untuk tidak membebankan perekonomian pelanggan.

Plt Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, sebenarnya tarif listrik bagi rumah tangga daya 1.300 VA dan 2.200 VA harus sudah mengikuti mekanisme tariff adjustment. Namun, pemerintah dan PLN mengambil kebijakan untuk menunda penerapan tariff adjustment bagi pelanggan rumah tangga daya 1.300 VA dan 2.200 VA.

"Dengan pertimbangannya saat itu pelanggan golongan tersebut sudah mengalami kenaikan tarif listrik secara bertahap sejak Juli 2014 hingga November 2014," kata Bambang, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Selain itu, Bambang menambahkan, penundaan pemberlakukan tariff adjustment untuk kedua golongan ini guna meringankan beban ekonomi pelanggan. Sementara, masih kata Bambang, untuk pelanggan rumah tangga kecil daya 450 VA dan 900 VA, bisnis dan industri kecil serta pelanggan sosial tarifnya tetap dan tidak diberlakukan tariff adjustment.

"Pelanggan golongan ini masih diberikan subsidi oleh pemerintah," pungkasnya.

Tariff adjustment diberlakukan setiap bulan, menyesuaikan perubahan nilai tukar mata uang dolar Amerika Serikat (USD) terhadap mata uang rupiah, harga minyak, dan inflasi bulanan. Dengan mekanisme tariff adjustment maka tarif listrik setiap bulan memang dimungkinkan untuk turun, tetap atau naik berdasarkan ketiga indikator tersebut.



(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /