Lulung: Gubernur Keluarkan Surat Perintah Pencairan Dana UPS

Intan fauzi    •    30 November 2015 13:48 WIB
korupsi ups
Lulung: Gubernur Keluarkan Surat Perintah Pencairan Dana UPS
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama. (Foto:MI/Adam Dwi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPRD DKI Abraham `Lulung` Lunggana menyebut Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengeluarkan Surat Perintah Pencairan Dana (Sp2D)  uninterruptable power supply (UPS). Ahok dituding menjadi orang yang paling bertanggungjawab atas kasus korupsi itu.
 
Lulung menegaskan, penyelesaian kasus pengadaan UPS mendekati jalan akhir. Ia juga menegaskan, Ahok bertanggung jawab sebagai gubernur yang mengeluarkan SP2D. "Makanya kalau mau fair semua, Ahok yang paling bertanggung jawab," kata Lulung di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2015).
 
Lulung menjelaskan, saat diperiksa penyidik Bareskrim Polri, Ia juga menyebut nama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Jika Ahok tahu pengadaan UPS merupakan anggaran siluman, mengapa mata anggaran itu sampai pada proses lelang.
 
"Saya katakan, kalau itu tidak dibahas dan Ahok bilang dana siluman, kenapa dilegalkan. Kenapa dilelang, sebagai kepal daerah dia pasti tahu itu dana siluman. Kalau tahu kenapa sampai lelang?," katanya.
 
Lulung mengklaim sebagai pihak yang membuka nama PNS DKI Lasro Marbun dalam kasus dugaan korupsi UPS di Bareskrim Polri. Hal itu yang membuat lasro dicopot dari jabatan Inspektorat DKI Jakarta. "(Lasro dipecat) gara-gara saya, saya terakhir diperiksa (Bareskrim)," kata Lulung.
 
Lulung menerangkan, ada oknum di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang menggerakkan hingg UPS lolos sampai lelang.
 
"Kalau tidak dibahas, kemudian siapa yang memasukkan program itu di Bappeda? Pasti ada oknum. Terus siapa yang nomorin rekening? Pasti ada oknum, oknum itu tidak berani kecuali ada aktornya," ujar Lulung.
 
Atas dasar itu Ia menuding Lasro yang saat itu menjabat Kepala Dinas Pendidikan DKI sebagai aktor itu. Bahkan Lulung menyebut ada konspirasi dalam pengadaan UPS.
 
"Makanya ketika saya pulang dari Bareskrim saya katakan ini biang keroknya Lasro, cuma itu saja saya bilang," kata Lulung.
 


(FZN)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /