Uji Kelayakan Capim KPK Tunggu Hasil Rapat Internal Komisi III

M Rodhi Aulia, Al Abrar    •    30 November 2015 17:10 WIB
capim kpk
Uji Kelayakan Capim KPK Tunggu Hasil Rapat Internal Komisi III
Wakil Ketua Komisi III DPR Trimedya Panjaitan (kanan), anggota Komisi III Bambang Soesatyo (tengah),--Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mayoritas fraksi di DPR menolak melanjutkan fit and proper test calon pimpinan KPK karena tak ada unsur dari kejaksaan. Namun, bagi Fraksi Golkar, kekosongan unsur kejaksaan dalam formasi delapan capim KPK tidak jadi masalah.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan, fraksinya tidak mempermasalahkan kosongnya unsur kejaksaan dalam calon pimpinan KPK. Sebab dalam undang-undang tak diatur secara tegas.

"Tidak diatur secara eksplisit dalam undang-undang," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu melalui pesan singkat kepada Metrotvnews.com, Senin (30/11/2015).

Karena itu, pihaknya mendorong Komisi III segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan delapan capim lembaga antirasuah itu. "Kita mendukung fit and proper test," ujar Bambang.

Sementara Wakil Ketua Komisi III Trimedya Pandjaitan mengaku, pihaknya tengah melobi pihak yang ingin menunda uji kelayakan dan kepatutan tersebut.

"Masih ada fraksi yang menginginkan ini (nama-nama capim KPK) dikembalikan (ke Presiden)," kata Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Politikus PDI Perjuangan ini enggan membeberkan jumlah dan identitas fraksi tersebut. Ia menganggap tidak etis mengungkapkan hal itu ke hadapan publik. "Kita intensif melakukan lobi. Mudah-mudahan, beberapa jam ini bisa diputuskan," ujar dia.

Secara pribadi Trimedya ingin uji kelayakan dan kepatutan digelar secepatnya. "Kalau bisa minggu depan sudah bisa," ungkap dia.

Anggota Komisi III Ruhut Sitompul mengakui, ada dua opsi yang akan diambil dalam rapat internal Komisi III yang akan dimulai pukul 19.30 WIB hari ini. Yakni menindaklanjuti hasil kerja Pansel Capim KPK atau mengembalikan berkasnya ke Pansel.

"Ada empat fraksi yang tidak setuju. PAN, PPP, Gerindra atau Hanura," ujar dia tanpa merinci lebih lanjut.

Ruhut berharap, uji kelayakan dan kepatutan dapat digelar secepatnya. Bukan malah mengembalikan delapan capil hasil kerja pansel tersebut. Upaya menindaklanjuti itu sebagai penghargaan atas hasil kerja keras Presiden Jokowi melalui panselnya.


(MBM)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /