Polda Jatim Tetapkan Dua Tersangka Kerusuhan Tambang Emas Banyuwangi

Muhammad Khoirur Rosyid    •    30 November 2015 17:30 WIB
kerusuhanpertambangan
Polda Jatim Tetapkan Dua Tersangka Kerusuhan Tambang Emas Banyuwangi
Foto: Lokasi tambang emas di Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, usai bentrok/MI_Khoirul Hamdani

Metrotvnews.com, Surabaya: Polda Jawa Timur menetapkan dua tersangka kerusuhan di kawasan tambang emas PT Bumi Sukses Indo (BSI), Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dua tersangka yakni GT, 19, dan SU, 45.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, keduanya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan barang bukti dan keterangan sejumlah saksi. Keduanya diduga adalah orang yang harus bertanggung jawab atas pembakaran dan perusakan kantor PT BSI saat unjuk rasa pada 25 November lalu.

"Dua alat bukti sudah dikantongi penyidik dan keduanya memenuhi untuk dinaikkan statusnya menjadi tersangka," kata Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono di Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/11/2015).

Penyidik masih mendalami unsur pidana lainnya dalam kasus ini. Saat ini sejumlah petugas dari Direktorat Reserse Kriminal Umum dan Laboratorium Forensik masih berada di Banyuwangi. Mereka melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan menggali keterangan sejumlah saksi.

Sejumlah barang bukti yakni batu, pecahan kaca, dan benda lainnya disita penyidik. Polisi masih membidik pelaku lainnya dalam bentrokan polisi dan warga yang mengakibatkan empat orang terluka itu. "Dalam kasus ini selain Polda Jatim juga dibantu Polres Banyuwangi melakukan penyidikan," ujar dia.

Bentrok antara polisi dan warga pecah usai mediasi antara PT BSI dan warga di Hotel Baru Indah tak menemukan hasil. Warga mendesak aktivitas tambang emas di Gunung Tumpang Pitu itu ditutup. Namun, PT BSI mengklaim sudah mengantongi izin sehingga menolak melakukan penutupan.

Lantaran tak ada titik temu, warga berunjuk rasa di depan kantor PT BSI, pada 25 November 2015. Tuntutan tak dutanggapi, sejumlah orang kemudian merusak dan membakar sarana perusahaan. Polisi kemudian mengeluarkan tembakan peringatan yang mengakibatkan empat orang terluka.


(TTD)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /