Direksi Tegaskan Operasional PT BSI Legal

Meilikhah    •    30 November 2015 17:41 WIB
kerusuhan
Direksi Tegaskan Operasional PT BSI Legal
Direktur PT BSI Cahyono Seto saat konferensi pers di kantor PT Merdeka Copper Gold Tbk, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2015).MTVN/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: Direksi PT Merdeka Copper Gold Tbk. yang membawahi PT Bumi Suksesindo (BSI) menegaskan izin operasional konsesi atas proyek tambang Tumpang Pitu di Banyuwangi, Jawa Timur, legal. Desakan warga Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, agar operasional PT BSI ditutup tak bisa dipenuhi.

"BSI legal. Punya Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi yang dikeluarkan Bupati Banyuwangi pada 9 Juli 2012," kata Direktur PT BSI Cahyono Seto di kantor PT Merdeka Copper Gold Tbk, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2015).


Polisi menghalau warga yang merangsek masuk lokasi tambang saat berunjuk rasa menolak tambang emas Tumpang Pitu, Pensanggrahan, Banyuwangi, Rabu (18/11/2015).ANT/Budi Candra Setya

Seto mengatakan, desakan agar PT BSI ditutup berawal dari kerusuhan warga Kecamatan Pesanggaran dengan polisi beberapa waktu silam. Warga, kata Seto, tanpa bisa diajak berkomunikasi mendesak PT BSI ditutup.

Seto mengaku, tak tahu penyebab warga menolak perusahaan pertambangan emas itu. Yang pasti, perlawanan warga hanya riak dan tak mengganggu aktivitas pertambangan.

"Kita sudah mendapatkan izin yang di dalamnya meninjau unsur kearifan lokal, AMDAL, sesuai UU Lingkungan Hidup dan UU Minerba. Jadi tidak ada alasan diberhentikan," Seto menjelaskan.


Seorang warga melintas di depan gudang yang dibakar pengunjuk rasa di Pesanggrahan, Banyuwangi, Kamis (26/11/2015).ANT/Budi Candra Setya

Kerusuhan pecah karena dialog antara warga, perusahaan, polisi, dan pemerintah daerah setempat pada 25 November 2015, tak berbuah manis. Warga tak puas.

Warga yang menginginkan pertambangan ditutup spontan berunjuk rasa di kantor PT Bumi di Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Tapi, aksi mereka dihalangi polisi yang kemudian berbuntut rusuh. Empat orang dikabarkan terluka terkena tembakan peluru karet.


(ICH)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /