Tips Knowledge

Ternyata Etanol Tak Baik untuk Mesin Kendaraan Bermotor

M. Bagus Rachmanto    •    01 Desember 2015 10:17 WIB
tips knowledge
Ternyata Etanol Tak Baik untuk Mesin Kendaraan Bermotor
Ternyata etanol tidak baik untuk mesin kendaraan bermotor. Cheatsheet

Metrotvnews.com: Makin mahal dan terbatasnya sumber Bahan Bakar Minyak (BBM), membuat negara-negara maju berlomba mengembangkan energi alternatiif biofuel seperti etanol.

Etanol adalah alkohol yang bersumber dari jagung. Di Amerika energi ini disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk mengurangi konsumsi minyak bumi. Sekaligus sebagai bahan bakar kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Tapi tahukah Anda, bahwa Etanol ini memiliki dampak buruk bagi mesin kendaraan Anda. Menurut analisis yang dilakukan beberapa lembaga independen di negara Paman Sam itu, etil alkohol yang terdapat di kandungan Etanol dapat menyerap air dari udara di sekitarnya.

Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah, bahwa air dan etanol dapat memisahkan diri dari bensin, yang dapat menyebabkan kerusakan serius jika tertelan oleh mesin.

Etanol juga dapat mempengaruhi banyak komponen sistem bahan bakar. Seperti bagian logam yang dapat menimbulkan korosi (berpotensi merusak fouling filter bahan bakar/pompa bensin).

Selain itu komponen yang terbuat dari karet dan plastik dapat membengkak, atau kehilangan integritas struktural mereka. Sehingga menyebabkan segel bocor atau mengalami kerusakan.

Untuk mobil atau sepeda motor keluaran tahun lawas, bisa sangat menderita akibat timbulnya masalah yang disebabkan oleh etanol, mulai dari kerusakan ringan sampai yang berat/parah.

Terlepas dari semua kontroversi, masa depan etanol sebagai bahan bakar masih sangat cerah, alangkah baiknya jika produsen kendaraan di dunia ikut andil dan mengembangkan etanol. Sehingga bisa memberikan manfaat dan bisa dipakai sebagai bahan bakar kendaraan yang ramah lingkungan.


(UDA)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

4 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /