BI Dorong Optimalisasi DHE Stabilkan Rupiah

Eko Nordiansyah    •    01 Desember 2015 13:45 WIB
rupiah menguat
BI Dorong Optimalisasi DHE Stabilkan Rupiah
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai tantangan perekonomian Indonesia di tahun depan termasuk bagaimana mendorong penguatan nilai tukar rupiah. Salah satu upaya yang dilakukan BI adalah dengan mendorong secara optimal Devisa Hasil Ekspor (DHE) untuk dialihkan menjadi rupiah atau masuk ke Tanah Air.

"Kita punya eksportir yang punya dana dari luar negeri berupa valuta asing yang ditukarkan dengan rupiah masih terbatas, pasar keuangan rupiah juga tidak terlalu dalam," kata Gubernur BI Agus Martowardojo, dalam 'Indonesia Economic Outlook 2016', di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).

Selain itu, tambah Agus, pemerintah juga harus terus melakukan kebijakan struktural, seperti dengan mengeluarkan paket kebijakan yang mendorong kepercayaan pasar terhadap Indonesia sehingga nantinya diharapkan memperbaiki struktur perekonomian dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Di samping itu, lanjut Agus, BI juga akan terus berada di pasar untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Dalam hal ini, nilai tukar rupiah dinilai sudah lebih mencerminkan fundamentalnya dibandingkan dengan depresiasi yang terjadi di Agustus lalu.

"Tentu BI selalu hadir di pasar untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Kita tidak ada target tertentu, tapi nilai tukar rupiah itu harus stabil, inflasi stabil, dan transaksi berjalan yang sehat," pungkasnya.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /