Obama Minta India Kurangi Emisi Karbon

Willy Haryono    •    01 Desember 2015 14:12 WIB
cop21
Obama Minta India Kurangi Emisi Karbon
Presiden AS Barack Obama (kanan) berdialog dengan PM India Narendra Modi di sela-sela KTT Perubahan Iklim COP21 di Le Bourget, wilayah pinggiran Paris, Prancis, Senin (30/11/2015). (Foto: AFP/JIM WATSON)

Metrotvnews.com, Paris: India harus memangkas emisi karbon dioksida meski saat ini sedang berjuang menghapus kemiskinan, memprioritaskan pertumbuhan dan mendorong pengembangan ekonomi, kata Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Obama bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi di sela-sela KTT Perubahan Iklim COP21 di Le Bourget, wilayah pinggiran Paris, Prancis, Senin (30/11/2015). Kedua kepala negara sepakat perubahan iklim adalah "ancaman mendesak."

Orang nomor satu Negeri Paman Sam menyebut perubahan iklim adalah satu satu sektor utama dalam memperdalam kerja sama antara AS dengan India. 

Seperti dilansir Associated Press, Modi menyebut pengembangan ekonomi dan perlindungan lingkungan "dapat berjalan berbarengan." Dia mengungkapkan tanggung jawab India dalam perubahan iklim "akan dipenuhi dengan baik."

AS telah mendorong negara berkembang seperti India untuk membuat tekad ambisius dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Namun India dan negara berkembang lainnya mengatakan negara kaya raya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam mengatasi perubahan iklim.

COP21 digelar untuk membuat semacam perjanjian mengikat untuk melawan efek pemanasan global. Lewat perjanjian ini, nantinya negara-negara dunia harus bersedia melakukan sejumlah langkah tegas, seperti memangkas emisi gas rumah kaca dari sektor industri. 

Sejumlah ilmuwan mengingatkan jika tidak ada aksi nyata dalam mengatasi pemanasan global, maka manusia akan menghadapi serangkaian musibah besar, salah satunya adalah kekeringan. 


(WIL)

Milan Resmi Pinjamkan Bacca ke Villarreal
Bursa Transfer Pemain

Milan Resmi Pinjamkan Bacca ke Villarreal

1 hour Ago

Dalam kesepakatan transfer itu, Bacca dipinjamkan selama semusim penuh. Villarreal menebus 2,5 …

BERITA LAINNYA
Video /