PM Israel dan Presiden Palestina Bersalaman di COP21

Willy Haryono    •    01 Desember 2015 14:41 WIB
cop21
PM Israel dan Presiden Palestina Bersalaman di COP21
PM Israel (kiri) bersalaman dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di KTT Perubahan Iklim COP21 di Le Bourget, wilayah pinggiran Paris, Prancis, Senin (30/11/2015). (Foto: AFP/MARTIN BUREAU)

Metrotvnews.com, Paris: Perdana Menteri Israel dan Presiden Palestina Benjamin Netanyahu bertemu dan berjabat tangan untuk kali pertama dalam beberapa tahun terakhir di KTT Perubahan Iklim COP21, Paris, Prancis. 

Dalam serangkaian foto AFP, Benjamin Netanyahu dan Mahmoud Abbas bersalaman dan tersenyum di sela-sela COP21 di Le Bourget, wilayah pinggiran Paris, Senin (30/11/2015). Belum diketahui pasti apakah mereka telah sepakat bertemu dan sudah berbincang-bincang. 

Dialog damai Israel dan Palestina yang dimediasi Amerika Serikat berakhir gagal pada awal 2014. Kedua pemimpin belum pernah bertemu lagi selama bertahun-tahun. 

Pertemuan Netanyahu dan Abbass di COP21 berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina. Dalam dua bulan terakhir, seperti dilansir Associated Press, gelombang aksi kekerasan rutin menewaskan 97 warga Palestina dan 19 Israel. 

Israel menyebut 62 dari 97 warga Palestina yang tewas adalah pelaku penyerang. Sementara sisanya tewas dalam bentrokan kedua kubu.


(WIL)