Hubungan Seks Masih Faktor Utama Penularan HIV/AIDS

Roni Kurniawan    •    01 Desember 2015 14:42 WIB
aids
Hubungan Seks Masih Faktor Utama Penularan HIV/AIDS
Ilustrasi Stop HIV AIDS - ant

Metrotvnews.com, Bandung: Hubungan seks menjadi faktor utama penularan HIV/AIDS di Kota Bandung, Jawa Barat. Risiko paling tinggi terjadi pada individu yang kerap berganti pasangan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara, Selasa 1 Desember. Ia mengatakan 280 kasus HIV/AIDS ditemukan di Bandung sepanjang 2015. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 261 kasus.

Ahyani memaparkan 60 dari jumlah itu sudah dalam kategori AIDS. Rata-rata orang yang hidup dengan AIDS (ODHA) berada di usia produktif yaitu 20 hingga 30 tahun.

"Usia produktif masih tertinggi di Kota Bandung yang mengidap HIV/AIDS. Antara 20 hingga 30 tahun," paparnya.

Selain hubungan seks, Ahyani mengingatkan faktor lain penularan virus mematikan itu yaitu melalui transfusi darah, air susu, dan proses persalinan.

Ahyani mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Komisi Penanggulanganan Aids (KPA) Kota Bandung untuk mencegah penularan HIV/AIDS kepada bayi. Caranya yaitu melakukan deteksi dini.

"Semua wanita usia produktif wajib memeriksakan kesehatannya untuk mencegah penularan virus. Jadi pada saat hamil direncanakan, persalinannya pun direncanakan," pungkasnya.

Dinkes Bandung mencatat 3.625 terjadi di Kota Bandung mulai 1991 hingga 2015.


(RRN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /