Ahok Tak Gentar Lawan BPK

Wanda Indana    •    01 Desember 2015 15:32 WIB
pembelian lahan rs sumber waras
Ahok Tak Gentar Lawan BPK
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama. (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama bertekad tak akan mundur sejengkal pun. Ia bersikeras tak mau mengikuti imbauan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengembalikan pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras, Grogol, Jakarta Barat. BPK menilai pembelian itu menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 191 miliar.
 
"Lawan terus BPK. Biar daftar portofolio musuh saya nambah," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu menegaskan, pembelian lahan RS Sumber Waras sudah sesuai prosedur. Harga pembelian lahan sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tahun 2014. Menurut Ahok, mengembalikan tanah dengan menjual lahan RS Sumber Waras akan merugikan negara.
 
"Kamu tanya sama BPK dong, waras nggak? Di Jakarta ada nggak harga tanah di tengah kota, matang, siap bangun, NJOP, ada yang mau jual nggak orang REI (Real Estate Indonesia)? Enggak ada lah," ujar Ahok.
 
Ahok bilang, tuntutan BPK untuk mengembalikan pembelihan lahan RS Sumber Waras tak masuk akal. Sebab, jika dijual kembali NJOP tahun 2015 sudah lebih tinggi dari saat pembelian.
 
"Kalau dia (BPK) bilang itu (pembelihan lahan RS Sumber Waras) merugikan negara, ketawa orang-orang REI semua. Terus yang menentukan NJOP siapa? Kementerian Keuangan dengan segala macam rumusnya? Bukan Pemerintah DKI yang menentukan angka NJOP," kata Ahok.

BPK menyoroti adanya kejanggalan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah DKI 2014 terkait pembelian lahan RS Sumber Waras. Ahok mengaku dirinya tidak terima hasil audit BPK yang menilik ketidakwajaran atas pembelian tanah yang diduga merugikan negara senilai Rp191 miliar.
(FZN)

Sejumlah Fakta Menarik Jelang Manchester City kontra Napoli
Jelang Manchester City vs Napoli

Sejumlah Fakta Menarik Jelang Manchester City kontra Napoli

15 minutes Ago

City dan Napoli sedang berada dalam tren positif. Mereka sama-sama menuai kemenangan dalam enam…

BERITA LAINNYA
Video /