Analis: Investor Mulai Masuk Kembali ke Pasar Saham

Arif Wicaksono    •    01 Desember 2015 18:54 WIB
bursa efek
Analis: Investor Mulai Masuk Kembali ke Pasar Saham
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang membaik pada perdagangan hari ini merupakan sinyal pasar sudah selesai dalam melakukan rebalancing portofolio saham. Hal ini membuat potensi kenaikan IHSG sangat besar hingga akhir tahun.

IHSG, Selasa, 1 Desember, sore ditutup menguat 111,21 poin atau setara 2,5 persen ke posisi 4.557. Penguatan IHSG diikuti indeks saham unggulan LQ45 yang menguat 30,18 poin ke 785 dan JII naik 18,23 poin ke 598.

Kepala Riset KDB Daewoo Securities Taye Shim, menuturkan fenomena capital outflow sudah mulai menjauh seiring dengan rebound yang terjadi pada perdagangan hari ini.

Dia mengatakan prediksi net sell akibat aksi  rebalancing manajer investasi bisa mencapai USD140 juta hingga akhir tahun, sedangkan hingga hari ini net sell sudah mencapai USD105,6 juta.

"Sehingga sudah waktunya indeks menunjukkan tajinya untuk kembali rebound," kata dia kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Dia mengatakan bahwa perekonomian Indonesia yang akan membaik pada kuartal IV-2015 akan mengiring pergerakan arus modal asing untuk kembali ke Indonesia, meskipun ada isu lain seperti perlambatan ekonomi Tiongkok.

"Kita memprediksi pertumbuhan kuartal IV akan membaik, kalau ada sentimen dari Tiongkok sifanya jangka panjang," kata dia.

Vice President Quant Kapital Investama Hans Kwee menuturkan belum ada sentimen dalam negeri yang membuat investor melarikan dananya ke luar negeri. Sejauh ini data inflasi, pertumbuhan ekonomi dan rupiah masih memberikan sentimen positif terhadap IHSG.

"Pasar cenderung wait and see karena adanya indikasi kenaikan suku bunga The Fed dan pertemuan European Central Bank (ECB) yang berpeluang menambah stimulusnya," pungkas dia.


(SAW)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /