TTP Dapat Dukung Peningkatan Ekonomi Daerah Berbasis Inovasi Iptek

Gervin Nathaniel Purba    •    01 Desember 2015 22:53 WIB
kementan ads
TTP Dapat Dukung Peningkatan Ekonomi Daerah Berbasis Inovasi Iptek
pertanian ANTARA FOTO,Ahmad Subaid).

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan Taman Teknologi Pertanian (TTP) merupakan wahana untuk mendukung upaya peningkatan ekonomi daerah yang berbasis iptek inovasi.

"Hal ini dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa dan nilai tambah dengan mengintegrasikan proses produksi (on farm) dengan legiatan pengolahan dan pemasaran (off farm)," ujar Kepala Badan Litbang Pertanian Muhammad Syakir di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Cimanggu, Bogor, Selasa (1/12/2015).

Selain itu, TTP juga merupakan wahana hilirisasi inovasi teknologi pertanian berbasis potensi daerah melalui proses magang, pelatihan, dan inkubasi bisnis bagi calon pelaku usaha yang manajemennya harus dilakukan secara profesioanl melalui perancangan kelembagaan dan SDm secara mandiri dan berkelanjutan.

"TTP bersifat padat teknologi dengan menerapkan prinsip ramah lingkungan melalui pendekatan sistem pertanain bioindustri (integrasi tanaman-ternak_ serta memperhatikan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim," ungkapnya.

Di sisi lain, dukungan dari Pemerintah Pusat terhadap pembangunan Taman Sains Pertanian (TSP) dan TTP telah diimplementasikan melalui pembangunan fisik, penyediaan sarana prasarana produksi dan pengolahan hasil pertanian, capcity building, serta peningkatan kapasitas kelembagaan lokal.

Rancangan pembangunan TPP yang disinergikan dengan program strategis daerah, selama tiga tahun ke depan dituangkan ke dalam grand design yang diharapkan pada 2017 secara nyata mampu memberikan kontribusi untuk peningkatan ekonomi daerah.

"Pada tahun-tahun selanjutnya, sistem pengelolaannya diharapkan menyatu dengan Badan Usaha Milik Desa sebagai lembaga pengelola TPP yang didampingi oleh Pemda, akademisi, kelembagaan lokal, maupun swasta," jelasnya.


(SAW)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /