Warga Tegal Sambut Pembagian Kondom Gratis

Kuntoro Tayubi    •    01 Desember 2015 23:19 WIB
aids
Warga Tegal Sambut Pembagian Kondom Gratis
Pembagian kondom gratis bagi penghuni lokalisasi Peleman, di Tegal, Jawa Tengah. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Memperingati hari AIDS sedunia, petugas Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan sejumlah relawan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa, 1 Desember, membagikan kondom di lokalisasi terbesar di Kabupaten Tegal. Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari para pekerja seks komersil (PSK) penghuni lokalisasi dan para tamu.

Panji, relawan penanggulangan AIDS, mengatakan pembagian kondom dimaksudkan untuk mencegah penyeberan virus HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya. Mereka mendatangi lokalisasi Peleman yang berada di jalur Pantai Utara (Pantura) Tegal.

Menurut Panji, jumlah pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Tegal memiliki kecenderungan meningkat setiap tahun. Terbukti, pada Juli lalu jumlahnya hanya 416 kasus. Sedangkan pada September meningkat menjadi 436 kasus.

“Ironisnya, pengidap HIV/AIDS tersebut sebagian besar berasal dari kalangan ibu rumah tangga. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena faktor suami yang kerap ganti pasangan,” ujarnya.

Andi Aji, Ketua RT setempat, mengatakan warga menyambut baik kedatangan petugas untuk menekan penyebaran HIV/AIDS di wilayahnya. Namun, ia berharap pemerintah memberi pemahaman kepada warga mengenai penyebab dan penularan HIV/AIDS sampai ke tingkat desa.


(UWA)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

6 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /