Penghapusan Denda Pajak, Penerimaan Hampir 100 Persen

Renatha Swasty    •    01 Desember 2015 23:38 WIB
pajak
Penghapusan Denda Pajak, Penerimaan Hampir 100 Persen
Petugas Gerai Layanan Pajak Terpadu melayani warga di Pasar Tanah Abang blok B, Jakarta, Selasa (1/9). Ant/Muhammad Adimaja.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebijakan penghapusan denda Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor oleh Provinsi DKI Jakarta telah membuat ribuan penunggak pajak 'khilaf'. Dalam sehari ribuan penunggak pajak di Jakarta Selatan telah memenuhi kewajibannya.

"Rata-rata perhari wajib pajak yang bayar pajak kurang lebih sekitar 3000-4000 kendaraan bermotor (termasuk di perpanjangan dan bea balik nama)," ujar Kepala Unit Pelayanan PKB dan BBNKB Wilayah Jakarta Selatan Alberto Ali saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (1/12/2015).

Angka ini kata Ali meningkat jauh sebelum ada kebijakan penghapusan denda pajak, meski terdapat fluktuasi naik turun jumlah wajib pajak yang membayar tiap hari. Tapi, Lantaran animo pembayar penunggak pajak itu pula, kini pendapatan pajak hampir 100 persen.

"Kalau target sampai bulan November 2015 sudah sampai 90an persen dari penerimaan PKB dan BBNKB. Mudah-mudahan akhir tahun sampai 100 persen," tambah

Kendati penerimaan pajak makin tinggi setelah ada kebijakan ini, Ali mengatakan pihaknya belum dapat memastikan apa bakal melanjutkannya setelah penutupan.

"Nanti kita lihat kebijakan Kepala Dinas Pelayanan Pajak selanjutnya," tambah Ali.

Kebijakan penghapusan biaya denda PKB dan BBNKB berlaku sejak Senin 16 November hingga 31 Desember. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut kebijakan itu bertujuan agar wajib pajak tidak terus menunggak bayar pajak.

"Kalau denda tidak dihapus, tidak bisa bayar jadi tambah parah (tunggakan pajak). Jadi kami hapus," kata Ahok, Senin 16 November.


(DRI)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

3 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /