Dari Penyanyi Jalanan untuk ODHA

Coki Lubis    •    02 Desember 2015 01:22 WIB
aids
Dari Penyanyi Jalanan untuk ODHA

Metrotvnews.com, Depok: Penjaga Cinta adalah lagu ciptaan Sinyo, seorang penyanyi jalanan di Depok, bagi para penderita HIV/AIDS. Videoklip yang diproduksi Institut Musik Jalanan (IMJ) mengisahkan realita sosial tentang ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

Andi Malewa, salah satu pendiri IMJ, dalam perbincangan dengan metrotvnews.com, Selasa (1/12/2015), mengatakan, videoklip Penjaga Cinta merupakan bentuk apresiasi IMJ untuk perjuangan para ODHA di seluruh dunia.

"Pesan yang kami sampaikan di klip tersebut untuk menyikapi stigma yang berkembang untuk ODHA," jelas Andi.

Di dalam beberapa kasus, sambungnya, pasien ODHA ditolak rumah sakit dan akhirnya meninggal dalam perjalanan. "Beberapa ODHA yang menjadi sahabat kami sampai hari ini masih terus memperjuangkan diri bersama ODHA yang lain, saling mendampingi dan memberi semangat hidup," ungkapnya.

Tulisan "Only Faith Can Save Us" yang menjadi pembuka dalam videoklip tersebut dinilai sebagai kalimat sakti yang menguatkan di antara ODHA. "Bagi kami, saling memberi semangat juga hal yang mulia. Mereka (ODHA) juga mengingatkan kepada masyarakat luas akan pentingnya pengetahuan tentang HIV/AIDS agar tidak salah dalam menyikapinya," pungkas Andi.


(LHE)