Menteri Sudirman akan Penuhi Undangan MKD

Annisa ayu artanti    •    02 Desember 2015 08:33 WIB
pencatut nama presiden
Menteri Sudirman akan Penuhi Undangan MKD
Menteri Sudirman Said saat melapor ke MKD

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan menghadiri undangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), hari ini. Sudirman akan dimintai keterangan terkait dengan soal pencatutan nama presiden dan wakil presiden yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

Staf Ahli Menteri ESDM Said Didu mengatakan, atasannya bakal memenuhi panggilan Mahkamah. Bahkan, kata dia, Sudirman akan memberikan rekaman utuh kepada MKD.

"Datang. Kalau diminta bakal dibawa," ucap Said Didu, Rabu (2/12/2015).

Malam tadi, Sudirman menghadiri rapat dengan Komisi VII DPR. Usai rapat, Sudirman mengaku belum menerima undangan dari MKD. "Tidak tahu," kata Sudirman.

MKD sepakat menggelar sidang kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang diduga melibatkan Ketua DPR Setya Novanto. Sidang bakal digelar siang ini pukul 13.00 WIB. Selepas mengundang Sudirman, MKD akan mengundang Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dan pengusaha M. Reza Chalid. Sidang kedua diagendakan Kamis 3 Desember, pukul 13.00 WIB.
 
Jadwal sidang yang diketok baru sampai Kamis. Pemanggilan teradu, Setya Novanto, yang awalnya dijadwalkan Senin 7 Desember tak jadi dilaksanakan. Sebab, MKD harus melihat perkembangan sidang pertama dan kedua.

Sebelum keputusan diambil, MKD melakukan voting dengan dua opsi.
 
Alternatif I:

A. Melanjutkan persidangan dengan pengesahan jadwal persidangan
B. Menuntaskan verifikasi

Alternatif II:

A. Tidak melanjutkan sidang karena tidak cukup verifikasi dan alat bukti
B. Melanjutkan dengan verifikasi

Tahap pertama, anggota MKD memilih alternatif I atau II. Pada tahapan ini, 11 anggota memilih alternatif I. Beberapa di antaranya anggota yang berasal dari Fraksi NasDem, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Hanura dan Fraksi PKS. Sisa enam anggota memilih alternatif II.

Tahap kedua, alternatif I yang dominan dipilih kemudian disederhanakan pada poin A dan B. Poin A, yakni melanjutkan persidangan dengan pengesahan jadwal persidangan dipilih sembilan anggota. Poin B dipilih delapan anggota.
 


(TII)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

1 hour Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /