Pendidikan Seni Harus jadi Prioritas

Roni Kurniawan    •    02 Desember 2015 10:16 WIB
pendidikan
Pendidikan Seni Harus jadi Prioritas
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. (MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Bandung: Berkesenian merupakan proses olah cipta, rasa, dan karsa untuk mencapai estetika. Pengalaman dalam proses berkesenian sangat penting bagi perkembangan manusia. Karena itu, pendidikan kesenian, utamanya seni tradisi, wajib menjadi prioritas serta mendapatkan porsi lebih besar di setiap jenjang di Indonesia.

Demikian diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan ketika membuka Kongres Kesenian Indonesia (KKN) ke-III di Grand Hotel Panghegar, Kota Bandung pada Rabu 2 Desember.

"Proses seni menjadi pengalaman yang sangat penting di sekolah selain mata pelajaran lainnya. Maka, kesenian harus mendapatkan porsi dan perhatian lebih besar. Karena pendidikan kesenian menjadi salah satu prioritas di setiap sekolah," kata Anies.

Hal itu diakui Anies sangat penting untuk regenerasi guna melestarikan kesenian di setiap daerah. Terlebih saat ini, lanjutnya, begitu banyak budaya atau kesenian asing ke Indonesia sehingga khawatir kesenian tradisional akan ditinggalkan oleh masyarakat.

"Munculkan generasi baru untuk tetap melestarikan kesenian Indonesia."

Selain itu, Anies pun mengajak para maestro kesenian untuk turun gunung menyentuh ke setiap sekolahan. Diharapkan mereka berinteraksi langsung guna memberikan ilmu lebih dalam lagi mengenai kesenian guna memunculkan generasi-generasi baru.


(SAN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /