AS Kirim Pasukan Khusus untuk Perangi ISIS di Irak

Willy Haryono    •    02 Desember 2015 11:12 WIB
isis
AS Kirim Pasukan Khusus untuk Perangi ISIS di Irak
Pasukan khusus AS dan Yordania melakukan simulasi penyelamatan sandera di pesawat yang dibajak di Amman, 27 Mei 2012. (Foro: AFP/KHALIL MAZRAAWI)

Metrotvnews.com, Washington: Amerika Serikat (AS) akan mengirim pasukan khusus ke Irak sebagai bentuk perluasan operasi militer dalam melawan kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Seperti dilansir ABC, Selasa (1/12/2015), pasukan khusus ini akan melakukan penggerebekan, pembebasan tawanan, mengumpulkan intelijen dan menangkap militan atau pemimpin ISIS di Irak. Jika diperlukan, pasukan ini juga dapat dimobilisasi ke Suriah.

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengatakan perluasan misi pasukan khusus ini memang akan dilakukan setelah penggerebekan pada akhir Oktober di Irak. Ketika itu, pasukan khusus membebaskan 70 sandera ISIS di wilayah utara Irak. 

Penggerebekan itu juga menewaskan Master Sersan Joshua L. Wheeler, kematian pertama praurit AS di Irak sejak berakhirnya invasi Negeri Paman Sam pada pertengahan 2014. 

Beberapa anggota pasukan khusus yang saat ini ada di Irak hanya menjalankan peran pendukung dan penasihat terhadap pasukan Irak dan Kurdi. Pasukan AS yang ikut dalam penggerebekan di Hawija awalnya hanya mendukung Kurdi, namun akhirnya terlibat dalam perempuran. 

"Kita mengirim pasukan khusus untuk membantu pasukan Irak dan Kurdi Peshmerga, dalam upaya lebih menekan ISIL," kata Carter kepada Kongres AS, menggunakan akronim lain dari ISIS.

Carter mengatakan operasi terbaru di Irak ini akan menciptakan "siklus intelijen yang lebih baik, yang dapat menghasilkan lebih banyak target, lebih banyak misi penyerbuan dan lebih banyak momentum."


(WIL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /