Tanpa Amanat Presiden, DPR tak Mungkin Bahas Revisi UU KPK

Al Abrar    •    02 Desember 2015 12:30 WIB
dpr adsrevisi uu kpk
Tanpa Amanat Presiden, DPR tak Mungkin Bahas Revisi UU KPK
Fahri Hamzah (kiri). Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR menunggu Amanat Presiden untuk membahas revisi Undang-Undang tentang KPK. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menegaskan, Dewan mustahil membahas revisi UU KPK jika tanpa Ampres.

Fahri mengakui, usulan revisi Undang-Undang No. 30 Tahun 2002 memang dari legislatif, lalu diambil alih oleh pemerintah. Karena jadi bola panas, menurut Fahri, pemerintah mengembalikan ke DPR.

"DPR hanya akan membahas revisi UU KPK kalau Presiden (Joko Widodo) setuju untuk membahasnya," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2015).

Pemerintah dan DPR menyepakati revisi UU KPK masuk program legislasi nasional prioritas pada 2016.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden belum akan menerbitkan Amanat Presiden untuk revisi Undang-Undang tentang KPK. Presiden juga belum akan mengambil sikap sebelum revisi UU KPK diketok di program legislasi nasional.

Presiden, kata Pram, hanya berencana menguatkan lembaga antirasywah. Keinginan itu sudah jauh hari diutarakan sebelum legislatif berinisiatif merevisi UU tentang KPK.

Ada empat poin undang-undang KPK yang direvisi. Pertama, harus ada tim pengawas KPK agar kinerja lembaga antikorupsi itu bisa senantiasa di jalur penegakan hukum.

Kedua, KPK harus juga diberi kewenangan menerbitkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara atau SP3. Sebab tanpa SP3, kesalahan dalam penyidikan dapat berpotensi dipaksa untuk tetap dilanjutkan.

Ketiga, kewenangan penyadapan oleh KPK harus diatur kembali, karena Mahkamah Konstitusi menyatakan penyadapan harus diatur oleh undang-undang atau setingkat undang-undanh.

Terakhir, perlu aturan mengikat yang mengatur latar belakang penyidik di KPK agar tidak ada lagi perdebatan apakah diperbolehkan penyidik independen atau tidak.


(TRK)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /