Puluhan Bus tak Layak Jalan Beroperasi di Solo

Pythag Kurniati    •    02 Desember 2015 15:55 WIB
transportasi
Puluhan Bus tak Layak Jalan Beroperasi di Solo
Beberapa bus di Terminal Tirtonadi menjalani pemeriksaan standar pelayanan minimal angkutan, Rabu (02/12/2015). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 10 bus di Terminal Tirtonadi Solo ditilang karena tidak mengantongi izin jalan. Sedangkan beberapa bus ditemukan dengan keadaan lampu mati di bagian depan serta beberapa komponen yang sudah tidak layak jalan seperti ban yang hampir sobek.

Temuan itu didapati ketika Kementerian Perhubungan melakukan pemeriksaan rutin terhadap standar pelayanan minimal angkutan jalan. Pemeriksaan dilakukan pada Rabu 2 Desember di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah. 

Selama satu jam pemeriksaan, setidaknya didapati 50 bus belum memenuhi standar pelayanan minimal angkutan jalan.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Sri Baskoro mengungkapkan pemeriksaan sesuai dengan Undang-undang No 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angutan Jalan. 
 
Sedangkan Kasubdit Pengendalian Operasional Dirjen Perhubungan Darat, Marwanto Heru mengatakan fokus pemeriksaan pada kendaraan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).
 
“Ada beberapa yang kita temukan. Dari satu jam lebih, 50 bus yang belum memenuhi standar. Beberapa kendaraan tanpa izin jalan kita tilang," kata dia seraya menyebut pemeriksaan serupa akan dilakukan di lima terminal di Pulau Jawa dan beberapa terminal di Pulau Sumatera dan Sulawesi.


(SAN)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

12 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /