Sidang Etik Setya Novanto

Sudirman: Rekaman Novanto Hanya Catatan Seperti Diary

Githa Farahdina    •    02 Desember 2015 16:00 WIB
pencatut nama presiden
Sudirman: Rekaman Novanto Hanya Catatan Seperti <i>Diary</i>
Sudirman Said. Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri ESDM Sudirman Said menilai perekaman pembicaraan Setya Novanto dengan Maroef Sjamsuddin bukan penyadapan. Ia mengibaratkan perekaman itu seperti catatan harian.

"Menurut hemat saya ini bukan penyadapan, tapi catatan saja seperti diary," kata Sudirman dalam persidangan di ruang sidang MKD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Sudirman menimpali pernyataan anggota MKD dari Fraksi Partai Demokrat Guntur Sasono bahwa merekam pembicaraan dalam pertemuan tertentu bisa dikatikan dengan penyadapan. Guntur menyesalkan Sudirman mengaku tak memiliki kewenangan memastikan keaslian rekaman.

Guntur merasa aneh bagaimana Sudirman mengadu kepada MKD namun tak tahu apakah suara dalam rekaman itu benar Ketua DPR Setya Novanto, Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, dan pengusaha M. Riza Chalid.

Sudirman mengaku mendengar cerita pertemuan terlebih dulu dari Maroef. Tak lama kemudian, ia baru menerima rekaman itu. "Rekaman hanya bukti karena pertemuan harus diberitahu ke Mahkamah dan rekaman menjadi bukti," ujar dia.

Selama yang terdapat dalam rekaman sama dengan cerita Maroef, Sudirman yakin suara dalam rekaman itu adalah Novanto, Reza, dan Maroef.


(TRK)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /