Kapolda Metro Tak Keberatan Jika Dimintai Keterangan oleh MKD

Deny Irwanto    •    02 Desember 2015 16:04 WIB
pencatut nama presiden
Kapolda Metro Tak Keberatan Jika Dimintai Keterangan oleh MKD
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian--Metrotvnews.com/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian disebut empat kali dalam rekaman percakapan yang dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Tito mengaku tidak masalah jika MKD meminta keterangannya.
 
"Kalau diminta untuk memberikan keterangan sepanjang terkait yang tadi, saya kira enggak masalah. Tapi nanti jangan judulnya (berita) dibuat-buat nanti, sengaja dibuat Kapolda siap dipanggil, semua orang saya kira kalau sesuai prosedur dan demi kebaikan enggak ada masalah," kata Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (2/12/2015).

Tito menegaskan, jika percakapan dirinya dengan Sudirman Said berisi tentang pengamanan PT Freeport. Tito menjelaskan, isu Freeport perlu dikelola dengan baik agar tidak dibelokan oleh beberapa pihak.

"Itu yang saya sampaikan bahwa sekali lagi Freeport ini isunya perlu dikelola, isu sensitif perlu dikelola dengan baik, karena kalau seandainya isu Freeport ini muncul, itu mudah digoyang dikait-kaitkan dengan isu-isu oleh kelompok aktivis kemerdekaan Papua," beber Tito.

Dalam pembicaraan bersama Sudirman Said yang dilakukan sekitar bulan September ini, Tito mengatakan tidak pernah membahas masalah perpanjangan kontrak Freeport. "Saya tidak ada hubungannya ke sana.
(Pembicaraan) waktu penembakan (kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM), saya bertemu dengan beliau, saya berdiskusi, ada Pak Krishna juga. Saya menanyakan apakah beliau punya musuh, kemudian apakah ada ancaman dan lain-lain. Kemudian beliau tanya kepada saya, bagaimana pendapat saya selaku mantan Kapolda Papua terhadap isu Freeport, keamanan Freeport," ungkap Tito.

Dia mengatakan isu Freeport harus dikelola dengan baik, oleh Jakarta. Dan ini bapak sangat terkait sebagai menteri ESDM. Jangan sampai isu ini menjadi bahan yang dapat dipelintir oleh kelompok-kelompok aktivis kemerdekaan Papua. "Itu yang saya sampaikan. Sehingga dugaan saya kalau seandainya dalam transkrip itu, video itu muncul, rekaman suara muncul, saya kira pembicaraannya mungkin yah pak Sudirman menyampaikan pandangan saya mengenai pandangan Freeport, saya kira itu," tandas Tito.


(YDH)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

53 minutes Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /