5 Cara Hentikan Tangis Bayi

   •    02 Desember 2015 16:35 WIB
bayi
5 Cara Hentikan Tangis Bayi
Redakan tangis bayi dengan cara menggendongnya (Foto:Corbis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bayi menangis bisa menjadi pertanda bahwa dia sedang lapar, mengantuk, atau tidak nyaman dengan popoknya.

Tak semua bayi menangis dengan pola yang sama. Ada bayi yang menangis pada saat-saat tertentu saja. Pun ada bayi yang menangis tiada henti.

Sebenarnya, kunci menenangkan bayi yang menangis adalah fokus pada hal yang memicunya menangis.

Berikut, lima tips menghentikan tangisan bayi yang dapat Anda coba.

1. Membedong
Minggu pertama setelah lahir, bayi sering menangis. Ini pertanda dia belum terbiasa dengan lingkungan sekitar. Ketika di dalam rahim, bayi terbiasa hidup dalam kondisi hangat. Jika bayi Anda menangis, bisa saja dia sedang kedinginan. Anda harus segera memakaikan bedong untuk menciptakan sensasi hangat seperti di dalam rahim. Namun, ingat untuk tidak mengikat kain terlalu kencang.

2. Menggendong
Pelukan saat menggendong akan mengembangkan ikatan fisik yang kuat. Bayi akan berhenti menangis karena merasa aman dan nyaman berada di dalam pelukan Anda seperti halnya di dalam rahim.

3. Berikan dot
Ada bukti ilmiah yang menunjukkan mengisap dot dapat menenangkan detak jantung bayi dan membuatnya lebih tenang dan santai. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan dot dapat menurunkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

4. Putar musik klasik
Selain meredakan emosi orang dewasa, musik juga punya sifat menenangkan pada bayi. Putar musik dengan melodi lambat dan santai. Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membuat bayi lebih kreatif ketika beranjak besar.

5. Bersenandung
Tangisan bayi akan terhenti bila Anda bersenandung di hadapannya. Anda bisa menyanyikan berbagai macam lagu dan cari tahu, lagu apa yang anak Anda sukai. (Sumarni/Lifehack)


(ROS)

Video /