Defisit Diperkirakan Melebar, Pemerintah Pastikan Pembiayaan Aman

Suci Sedya Utami    •    02 Desember 2015 17:37 WIB
defisit anggaran
Defisit Diperkirakan Melebar, Pemerintah Pastikan Pembiayaan Aman
Kepala BKF Suahasil Nazara (Foto: dokumentasi Kementerian Keuangan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah memperkirakan pelebaran defisit anggaran semakin besar yakni dari 1,9 persen yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 akan menjadi 2,7 persen.

Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, meski terjadi pelebaran defisit namun pemerintah telah menyiapakan skema pembiayaan (financing) untuk menutup defisit tersebut.

"Jadi pelebaran defisit itu sudah disiapkan financing-nya. Jadi financing-nya aman," kata Suahasil, ketika ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2015).

Menurut dia, pemerintah sudah menyiapkan financing bukan hanya dengan menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) di pasar obligasi. Namun, juga melalui skema multilateral dan bilateral. Sayangnya, Suahasil tidak menyebutkan secara spesifik dari mana sumber pembiayaan untuk menutup defisit tersebut didapatkan.

Lebih jauh, kata Suahasil, Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang di mana kebutuhan akan pengeluarannya sangat besar. Namun di sisi lain, ada risiko penerimaan pajak tidak penuh atau diprediksi hanya mencapai 85 persen dari target Rp1.244,7 triliun. Maka tentunya, pemerintah melakukan pertimbangan-pertimbangan agar semuanya seimbang.

"Pokoknya kita mengikuti benchmark bahwa defisit tidak boleh lebih dari tiga persen. Kita pastikan seaman mungkin. Jadi kita pakai angka konservatif," pungkas dia.



(ABD)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /