Pansus Temukan 8 Perusahaan Tambang tak Sesuai Prosedur

Amaluddin    •    02 Desember 2015 17:41 WIB
pertambangan
Pansus Temukan 8 Perusahaan Tambang tak Sesuai Prosedur
Kegiatan penambangan pasir di Pasirian, Lumajang, Ant - Cucuk Danartono

Metrotvnews.com, Surabaya: Panitia Khusus (Pansus) Pertambangan DPRD Jawa Timur menemukan delapan perusahaan tambang di Lumajang tak memenuhi prosedur operasional. DPRD pun menduga pemerintah provinsi kongkalikong untuk melegalkan perusahaan tersebut.

Ketua Pansus Pertambangan DPRD Jatim Ahmad Hadinuddin menyebutkan delapan perusahaan itu yaitu CV Widya utama, KPP Kopasdal Pasirian, CV Surya Jaya Sejahtera, CV Anugerah Semeru, KPP Kopasdal Candipuro, CV Duta Pasir Semeru, CV Semeru Jaya Abadi, dan KPP Kopasdal 2 Candipuro.

"Tak hanya delapan perusahaan itu, puluhan perusahaan penambang yang ada di Lumajang ‎ternyata sebagian besar menyalahi aturan," kata Hadinuddin di Surabaya, Rabu (2/12/2015).

Hadinuddin mengatakan temuan itu setelah pansus berkunjung ke Lumajang beberapa waktu lalu. Beberapa perusahaan tak memiliki dokumen kewajiban pemegang ijin berupa laporan studi kelayakan, laporan eksplorasi, laporan rencana kerja dan anggaran belanja, rencana investasi, rencana reklamasi, dan rencana pasca tambang.

"Bahkan ada yang tidak membayar biaya pencanangan wilayah dan jaminan reklamasi. Ironisnya, puluhan perusahaan yang tidak memenuhi persyaratan, Dinas ESDM Pemprov malah cendrung membiarkan," kata politikus asal Fraksi Gerindra Jatim itu.

Dalam hal ini, kata dia, Pemprov Jatim yang bertanggung jawab yakni dinas ESDM Jatim yang sejak awal sudah tahu seluruh ijin yang dikeluarkan Pemkab lumajang jelas menyalahi aturan. 

"Anehnya Dinas ESDM Jatim malah membiarkan dan melegalkan. Mestinya Dinas ESDM tidak asal bekerja, melainkan benar-benar memperhatikan sesuai dengan aturan yang ada," tegasnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan memanggil delapan perusahaan tersebut untuk dimintai keterangan dan klarifikasi terkait perihal tersebut.

‎"Temuan Pansus dalam pelanggaran penambang ini akan menjadi bahan dalam menata pertambangan yang ada di Jatim," pungkasnya.


(RRN)

Spurs Hadapi Juventus di Babak 16-Besar, Pochettino Kalem
Hasil Undian Liga Champions

Spurs Hadapi Juventus di Babak 16-Besar, Pochettino Kalem

1 hour Ago

Pelatih Tottenham Mauricio Pochettino tak khawatir mendapat lawan sekelas Juventus. Sebab, ia p…

BERITA LAINNYA
Video /