Riza Chalid Diyakini Sebagai Otak Kasus Calo Freeport

Teguh Nirwahyudi    •    02 Desember 2015 19:33 WIB
pencatut nama presiden
Riza Chalid Diyakini Sebagai Otak Kasus Calo Freeport
Ketua DPR Setya Novanto diduga si pencatut nama Presiden dan Wakil Presiden terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia,--Foto: MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Pengusaha minyak Muhammad Riza Chalid berada dalam pusaran calo jasa dan 'Papa Minta Saham' terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Namun hingga kini sosok Riza Chalid dalam kasus tersebut masih cenderung tersembunyi dan belum terangkat ke permukaan.

Padahal, banyak indikasi menunjukkan peran Riza cukup penting dalam skandal lobi perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia itu. Rekaman yang beredar beberapa hari belakangan menunjukkan salah satu peran sentral bos minyak ini selaku pengatur strategi.

Anggota DPR Fraksi NasDem Slamet Junaedi menilai, peran Riza Chalid diharapkan mampu mendesak presiden mempercepat perpanjangan kontrak Freeport. Sehingga kompensasi sahamnya bisa dibagi-bagikan.

"Saya tahu Riza Chalid itu pengusaha ulung, karena saya juga pebisnis. Saya punya keyakinan yang mengatur semua itu adalah dia," ujar Slamet di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 1 November 2015.

Menyinggung transkrip rekaman skandal lobi perpanjangan kontrak Freeport itu, Slamet melihat Riza cukup aktif mempersiapkan manuvernya. Pemilik bisnis Kidzania itu bahkan berinisiatif mengusulkan pembagian saham antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Bahkan berdasarkan rekaman itu, Riza mengusulkan agar Presiden mendapat bagian saham 11 persen, dan Wapres mendapat 9 persen.

Slamet menilai, Riza sejauh ini banyak terkesan diam lantaran berusaha menutupi keterlibatan orang lain. Anggota Komisi VI DPR itu yakin, skandal itu melibatnya banyak orang berpengaruh di dalamnya.
"Mereka itulah, orang-orang yang banyak memperoleh keuntungan dalam pemerintahan terdahulu, dan sekarang mencoba peruntungannya dalam pemerintahan Jokowi," tegas pria asal Sampang Madura ini.

Karena itu, Slamet mendukung rencana MKD memanggil Riza Chalid dalam proses persidangan. Dia berharap, MKD dapat mengorek rencana jahat yang dijalankan Riza Chalid, bersama aktor-aktor lain yang sejauh ini belum terungkap.

"Riza Chalid harus berani ungkapkan kepada publik. Kalau tidak, ini hanya akan jadi dagelan saja," Kata Slamet.


(MBM)

Spurs Hadapi Juventus di Babak 16-Besar, Pochettino Kalem
Hasil Undian Liga Champions

Spurs Hadapi Juventus di Babak 16-Besar, Pochettino Kalem

1 hour Ago

Pelatih Tottenham Mauricio Pochettino tak khawatir mendapat lawan sekelas Juventus. Sebab, ia p…

BERITA LAINNYA
Video /