Temui Menko Darmin, BKPM Ajukan Insentif bagi Industri Padat Karya

Eko Nordiansyah    •    02 Desember 2015 20:43 WIB
bkpm
Temui Menko Darmin, BKPM Ajukan Insentif bagi Industri Padat Karya
Kepala BKPM, Franky Sibarani. FOTOMI/ROMMY PUJIANTO.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengungkapkan, pertemuan dengan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk membahas masukan BKPM soal insentif bagi industri padat karya.

"Tapi lebih ke mematangkan yang terkait dengan padat karya. Tetapi ada juga yang dibahas itu, apa yang bisa pemerintah lakukan untuk industri yang terkait dengan padat karya juga," ujar Franky di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2015).

Dirinya menambahkan, industri padat karya yang dimaksud bukan skala besar namun juga industri padat karya yang berskala kecil dan menengah. Sehingga insentif bukan hanya dirasakan industri padat karya yang memiliki jumlah produksi besar.

"Misalnya produsen garmen yang ada di Parung, Mohammad Toha Bandung. Itu yang banyak kita pikirkan. Artinya insentif-insentif atau dukungan apa terhadap skala usaha menengah kecil dalam situasi ekonomi seperti ini," jelas dia.

Lebih lanjut, masih kata Franky, BKPM sendiri telah memiliki Desk Khusus Industri Tekstil dan Sepatu (DKITS) untuk membantu investasi di sektor tersebut. Hanya saja desk tersebut masih perlu ditingkatkan lagi optimalisasinya.

"Kita datangi sentra atau daerah usaha tersebut. Jadi berpikir kira-kira apa yang bisa pemerintah lakukan untuk mereka. Kalau kemarin sudah untuk KUR sudah ada, UKM sudah ada, tapi yang spesifik memang bisa mempekerjakan 100 hingga 200 orangnya bagaimana," pungkasnya.


(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /