Jakarta Belum Ramah Bagi Difabel

LB Ciputri Hutabarat    •    03 Desember 2015 13:08 WIB
basuki tjahaja purnama
Jakarta Belum Ramah Bagi Difabel
Ilustrasi difabel. (Foto: Antara/Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jakarta diakui sebagai kota yang belum ramah terhadap penyandang kebutuhan khusus (difabel). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempercepat perbaikan fasilitas umum untuk mempermudah mobilitas warga difabel.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan sejumlah fasilitas umum.
 
Ahok mengklaim bus TransJakarta sudah memenuhi syarat untuk kaum difabel. Namun, fasilitas umum seperti trotoar masih jauh dari kata maksimal.
 
Ahok mengaku sedang mengadakan persiapan untuk memperbaiki hal tersebut. Semua perbaikan sudah dimasukkan ke dalam e-catalouge yang diatur oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerinfah (LKPP). "Sehingga begitu rusak saya tidak perlu lelang, langsung saya kerjakan dan bayar," kata Ahok di Kantor Pelayanan Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2015).
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pembangunan JPO nantinya tidak akan menggunakan eskalator seperti di Salemba, Jakarta Pusat. Sebab JPO itu menyulitkan penyandang disabilitas. "JPO tak butuh eskalator. Orang kita malas jalan, padahal sehat. Ada yang perlu eskalator ada yang tidak," lanjutnya.
 
Djarot akan mengkaji JPO yang menggunakan eskalator di Salemba agar semua orang, termasuk penyandang disabilitas, dapat menggunakan JPO itu.
 
"Harusnya eskalator untuk disabilitas yang gak bisa jalan. Tapi yang nikmati yang waras dan sehat-sehat, tidak ada toleransi sebetulnya kita. Akan kami kaji agar layak dan banyak banyak yang menggunakan," pungkasnya.


(FZN)


Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

1 day Ago

Rusia memilki buah tangan yang unik serta menarik untuk menjadi oleh-oleh. Cokelat dan parfum m…

BERITA LAINNYA
Video /