Sidang Etik Setya Novanto

Presdir Freeport Diambil Sumpah di MKD

Githa Farahdina    •    03 Desember 2015 13:48 WIB
pencatut nama presiden
Presdir Freeport Diambil Sumpah di MKD
Maroef Sjamsoeddin----MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin diambil sumpah di sidang Mahkamah Kehormatan Dewan. Pengambilan sumpah dilakukan sebelum Maroef memberikan keterangan.

Pengambilan sumpah dilakukan Kamis, 3 Desember, sekitar pukul 13.32 WIB.

"Bismillahirahmaninrrahiem, Demi Allah, Wallahi, saya bersumpah, sebagai saksi, akan memberikan keterangan yang sebenarnya tidak lain dari yang sebenarnya, tidak lain dari yang sebenarnya," ucap Maroef saat mengucapkan saksi dalam sidang MKD di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Maroef menjadi saksi kedua dalam dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Ketua DPR Setya Novanto. Adik mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin ini sebelumnya bersedia menjadi saksi dan siap menjalani sidang terbuka.

"Saya siap terbuka," kata Mareof.

Maroef sebelumnya tiba di ruang sidang MKD pukul 13.26 WIB, Kamis 3 Desember 2015. Maroef hadir dengan mengenakan kemeja batik. Ia lantas menyalami anggota MKD satu persatu. Sidang dipimpin Ketua MKD Surahman Hidayat, anggota Fraksi PKS.

Maroef akan dimintai keterangan terkait pertemuannya dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha M Riza Chalid. Berdasarkan laporan Menteri ESDM Sudirman Said, Novanto diduga meminta saham ke Freeport dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Rabu 2 Desember, MKD memeriksa Sudirman. Anggota MKD dari Fraksi Hanura Sarifuddin Sudding menyampaikan, keterangan Maroef sangat penting karena ia hadir dan merekam pembicaraan dengan Novanto dan Riza.


(TII)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

4 hours Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /