Menteri Anies Minta Guru Kembangkan Pendidikan Nonkurikuler

Ahmad Mustaqim    •    03 Desember 2015 14:04 WIB
pendidikan
Menteri Anies Minta Guru Kembangkan Pendidikan Nonkurikuler
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan saat di Yogyakarta, Kamis (3/12/2015). (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pendidikan berbasis lingkungan mensyaratkan guru-guru yang luwes. Pengajaran itu tidak saja diberikan melalui kurikulum. Karena itu, pendidikan nonkurikuler perlu dikembangkan. 

Demikian ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Rasyid Baswedan saat mengisi dialog Konsorsium Pendidikan Hijau di Universitas Janabadra Yogyakarta, Kamis 3 Desember.

Dia meminta para guru di Indonesia memperhatikan pendidikan nonkurikuler. Menurutnya, jalur pendidikan tersebut menjadi celah untuk bisa menenamkan pemahaman perihal bagaimana menjaga lingkungan.

"Guru-guru di Indonesia lebih banyak yang menaruh perhatian pada pendidikan intrakurikuler. Pendidikan nonkurikuler tidak memperoleh perhatian," kata Anies.

Menteri Anies menjelaskan pendidikan terkait lingkungan memang bisa saja lewat tiga jalur, yakni intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler. Namun, dalam penerapanya terdapat ketidakseimbangan dalam pemberian materi pendidikan dari tiga jalur itu.

"Pendidikan berbasis lingkungan mensyaratkan guru-guru yang tidak kaku, dalam konteks di mana pendidikan itu dilakukan. Kegiatan nonkurikuler perlu diperhatikan," jelasnya.

Ia mengaku juga sudah menerbitkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Menurutnya, aturan tersebut bisa menjadi dasar bagi siswa di Indonesia untuk bertindak sesuai etika, termasuk etika menjaga lingkungan.

"Budaya bersih tak muncul mendadak. Perlu diajarkan dan semua membutuhkan proses pembiasaan," jelasnya.


(SAN)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

1 day Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /