Bupati tak Tahu ada Keluarga Multidifabel di Brebes

Kuntoro Tayubi    •    03 Desember 2015 14:30 WIB
kemiskinan
Bupati tak Tahu ada Keluarga Multidifabel di Brebes
Kecuali Kusriyah, satu keluarga di Brebes ini mengidap multidifabel. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Perayaan Hari Difabel se-dunia berlangsung cukup meriah di pendopo Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis 3 Desember pagi. Bupati Brebes Idza Priyanti juga tampak hadir memberikan bantuan uang stimulan sebesar Rp1 juta bagi bagi para penyandang disabilitas sebanyak 26 orang.

Namun, usai acara, Idza tertegun ketika disodorkan fakta tentang adanya keluarga penyandang multidifabel di wilayahnya. Dia enggan berkomentar banyak, ia langsung meninggalkan awak media.

“Maaf ya, saya buru-buru mau ke luar kota. Ini ditunggu kereta di Tegal,” ujar Idza, di pendopo Brebes.

Hal yang sama juga dikatakan Pujianto, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsosnakertrans. Menurutnya, wajar jika pihaknya tidak mengetahui ada warganya yang menyandang multidifabel. Sebab, 2.882 penyandang cacat. 

Komentar dua pejabat itu berkait dengan pemberitaan Metrotvnews.com pada 25 November 2015. Seorang nenek di Brebes, Jawa Tengah, harus menggantungkan hidupnya dari belas kasih orang sebagai peminta-minta. Dia terpaksa melakukan itu untuk menghidupi anggota keluarganya yang mengalami cacat. Tidak saja tunarungu, suami dan kedua anak Kusriyah juga menderita tunanetra dan tunawicara.

Kusriyah, 64, merupakan warga Desa Pesantunan RT 07/6, Kecamatan Wanasari, Brebes.

Namun begitu, Pujianto justru mengeluh minimnya anggaran untuk melaksanakan program pemberdayaan penyandang difabel. Untuk tahun 2015 mendapatkan alokasi anggaran Rp125 juta, sedangkan di tahun 2016 malah turun menjadi Rp60 juta.


(SAN)


Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough
Jelang Liverpool vs AS Roma

Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough

46 minutes Ago

Rombongan tim AS Roma, termasuk jajaran pelatih dan para pemainnya telah tiba di Liverpool pada…

BERITA LAINNYA
Video /