Kemenlu Minta Negara Asing Hati-Hati Beri Visa ke WNI

Sonya Michaella    •    03 Desember 2015 15:28 WIB
wni
Kemenlu Minta Negara Asing Hati-Hati Beri Visa ke WNI
Ilustrasi visa (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir, meminta negara asing untuk berhati-hati memberikan visa kepada warga negara Indonesia (WNI). Ini terkait adanya dugaan WNI yang berupaya bergabung dengan kelompok Islamic State (ISIS).

ISIS hingga kini masih gencar untuk merekrut para anggotanya yang merupakan warga asing. Ada laporan bahwa beberapa WNI pun sudah berupaya untuk bergabung.

Arrmanatha meminta negara asing, terutama negara Timur Tengah untuk berhati-hati dan selalu memberi perhatian ekstra apabila memberikan visa ke WNI.

"Juga kami meminta ke negara di Timur Tengah untuk berhati hati dan melakukan pemeriksaan latar belakang atas kepemilikan visa tersebut," ungkap Arrmanatha, di Ruang Garuda, Gedung Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis (3/12/2015).

"KBRI kita juga terus melakukan komunikasi kepada WNI agar untuk terus fokus dan tidak terlibat dalam kegiatan radikalisme atau semacamnya," lanjutnya.

Menurut isu yang beredar, banyak WNI yang berupaya bergabung dengan kelompok radikal di Timur Tengah. Arrmanatha menegaskan bahwa KBRI sulit memantau apakah ada WNI yang masuk dalam kelompok radikal atau tidak, karena tidak ada WNI yang melapor ke KBRI untuk bergabung dengan kelompok radikal.

Hingga September 2015, ada 190 orang yang dideportasi dari Turki karena mereka berupaya untuk menyeberang ke Suriah. Sedangkan perbatasan Turki-Suriah tertutup bagi warga negara asing.


(FJR)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

12 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /