Sidang Etik Setya Novanto

Maroef Sjamsoeddin: Rekaman Seperti yang Diputar MKD

M Rodhi Aulia    •    03 Desember 2015 15:58 WIB
pencatut nama presiden
Maroef Sjamsoeddin: Rekaman Seperti yang Diputar MKD
Presdir PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin (kiri) menghadiri sidang etik MKD DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/12/2015).--Foto: Antara/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mengaku tak tidak pernah mematikan sedikitpun handphone saat merekam pertemuan dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha M Riza Chalid di Ritz Calton, Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, pada 8 Juni 2015.

Pertemuan itu diduga membicarakan perihal perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia yang akan berakhir pada 2021. Bahkan, demi meyakinkan para anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Maroef memperagakan saat merekam pertemuan itu.

"Rekaman itu seperti apa yang ada direkaman dan diperdengarkan tadi malam.  Saya izin memeragakan sedikit. Posisi hp saya letakkan di meja dalam posisi sudah merekam. Mejanya di lantai 21 cukup luas. Posisinya sudah merekam," ungkap Maroef di persidangan sidang MKD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Dia menegaskan hp-nya dalam keadaan menyala terus dan tidak sedikitpun dihentikan. "Tidak ada yang berhenti sedikitpun. Tidak ada yang terhenti sedikitpun dan tidak ada yang keluar sampai selesai," tegas mantan Wakil Badan Intelijen Negara (BIN).

Ia kemudian menyerahkan rekaman tersebut ke Menteri ESDM Sudirman Said. Itu dilakukan, kata Maroef, karena pembicaraan oleh Novanto dan Riza Chalid tidak pantas dilakukan. Sebab, urusan perpanjangan kontrak Freeport tidak masuk tugas pokok dan fungsi Setya Novanto sebagai Ketua DPR. Apalagi Novanto mengajak pengusaha M Riza Chalid.

"Saya kenapa menyerahkan rekaman. Obrolan itu tidak pantas. Obrolan seperti ini tidak pantas. Tapi sudah melebar. Saya mencoba menghentikan pembicaraan itu karena hampir dua jam. Ya selalu ucapkan terima kasih pak waktunya," kata Maroef.

***

Ikuti berita sidang etik Setya Novanto dengan saksi Maroef Sjamsoeddin di Metrotvnews.com


(MBM)


Perkiraan Formasi Liverpool vs AS Roma

Perkiraan Formasi Liverpool vs AS Roma

21 minutes Ago

Kekuatan lini tengah Liverpool untuk menopang penyerang akan bertambah saat menjamu AS Roma&nbs…

BERITA LAINNYA
Video /