Mendikbud Janji Perbaiki Pelayanan Pendidikan Bagi Difabel

Ahmad Mustaqim    •    03 Desember 2015 17:01 WIB
pendidikan
Mendikbud Janji Perbaiki Pelayanan Pendidikan Bagi Difabel
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan saat di Yogyakarta, Kamis (3/12/2015). (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah berupaya memberikan pelayanan pendidikan yang baik untuk siswa difabel atau berkebutuhan khusus. Termasuk dalam hal fasilitas maupun kualitas pendidikan.

Malah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menaruh harapan besar bagi para peserta didik dalam peringatan hari difabel internasional yang jatuh hari ini, Kamis 3 Desember. Pemerintah, lanjut Anies, juga telah menyediakan Sekolah Luar Biasa yang ditujukan untuk anak berkebutuhan khusus.

"Tapi juga sudah ada pengarusutamaan anak berkebutuhan khusus, sudah ada sekolah mainstreming yang di mana anak berkebutuhan khusus dan siswa lainnya berada di dalam satu sekolah," kata Anies di Universitas Janabadra Yogyakarta, Kamis (3/12/2015).

Menteri Anies mengaku berusaha meningkatkan pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus. Pelayanan itu, menurutnya, terletak pada perbaikan sistem-sistem pendidikan yang kini terus berjalan.

"Tentu kita ingin yang terbaik untuk semua anak-anak di Indonesia, termasuk difabel," kata dia.

Ia menambahkan, siswa yang berkebutuhan khusus harus diberikan hak yang sama. Orangtua juga wajib memberikan perhatian dan tidak membeda-bedakan. 

"Orangtua dan sekolah yang mendapat amanat dari Yang Maha Kuasa untuk mendidik, merawat anak berkebutuhan khusus itu sebenarnya sedang diberikan kesempatan untuk mendapatkan pahala," pungkasnya.


(SAN)


Video /