Disubsidi Pemerintah, Platform KPR Subsidi BTN Tidak Terbatas

Angga Bratadharma    •    04 Desember 2015 08:13 WIB
btn
Disubsidi Pemerintah, Platform KPR Subsidi BTN Tidak Terbatas
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) siap untuk terus menyalurkan kredit kepada para anggota Real Estate Indonesia (REI). Hal itu akan tetap dilakukan karena pemerintah telah memberikan subsidi kepada BTN terkait pembangunan rumah di Tanah Air.

"BTN sangat concern dan serius membantu dari KPR subsidi ini. Jadi, para developer tidak usah ragu dan takut kalau developer bangun KPR tidak dibiayai atau dikonversi oleh BTN," kata Maryono, dalam penutupan Rakernas REI 2015, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (3/12/2015) malam.

Maryono menjelaskan, pemerintah telah mengeluarkan sebuah aturan. Aturan itu berisi mengenai upaya pemerintah yang memberikan subsidi ke BTN dalam rangka mengoptimalkan penyaluran kredit ke sektor perumahan. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan rumah layak di Indonesia.

Dalam hal ini, lanjut Maryono, BTN akan mampu untuk terus menerus menyalurkan kredit meski dana alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah habis. Sebab, nantinya pemerintah akan mengganti dana yang sudah digunakan BTN untuk sektor perumahan.

"Jadi, dana APBN sudah habis tapi BTN tetap bisa biayai KPR lima persen, walau dengan dana mahal itu. Kan diganti pemerintah. Artinya, platform subsidi ini bisa dikategorikan tidak terbatas, tergantung daripada BTN," jelas Maryono.

Kekurangan perumahan (backlog) yang terus membengkak tiap tahunnya membuat pemerintah meluncurkan Program Sejuta Rumah. Hal tersebut dilakukan karena hingga saat ini backlog yang terjadi telah mencapai 13 juta unit rumah.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, perlu ada lembaga pembiayaan yang khusus untuk menyediakan dana segar untuk pembangunan perumahan. Maka itu, ia meminta agar BTN menjadi bank yang fokus terhadap pembiayaan perumahan.

"BTN kita sarankan menjadi bank perumahan supaya jelas saja. Segera itu dilaksanakan supaya khusus tak urus lain," pungkas JK.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /