Setelah JPEG dan PNG, Format Gambar Berikutnya BPG

Ellavie Ichlasa Amalia    •    04 Desember 2015 10:55 WIB
teknologi
Setelah JPEG dan PNG, Format Gambar Berikutnya BPG
Perbandingan gambar yang terkompresi, JPEG (kiri) dan BPG (kanan). (Noupe)

Metrotvnews.com: JPEG dan PNG adalah dua format yang paling sering digunakan untuk menampilkan gambar pada sebuah peramban internet. Ada satu format gambar terbaru bernama BPG, yang mungkin bisa menggantikan keduanya di masa depan.

Meskipun saat ini kecepatan internet terus meningkat, tetapi, memastikan agar gambar yang digunakan pada sebuah halaman situs memiliki ukuran sekecil mungkin adalah hal yang penting, terutama karena saat ini, banyak orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile mereka.

Dikutip dari Noupe, BPG, singkatan dari Better Portable Graphics, merupakan format yang saat ini mulai sering digunakan. Satu hal yang membuat format ini menjadi populer adalah karena ia dapat menyajikan gambar dengan kualitas yang lebih baik tapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Satu hal yang menarik tentang format BPG adalah karena ia merupakan gambar yang terkompresi tinggi. Ia didasarkan pada  HEVC (High Efficiency Video Coding) yang biasa digunakan pada file video. Gambar dengan format BPG menjanjikan kualitas yang lebih baik dan ukuran yang lebih kecil daripada gambar dengan format JPEG.

Sama seperti JPEG, format BPG mendukung beberapa model warna yang berbeda seperti RGB dan CMYK. Selain itu, BPG juga mendukung YCbCr. BPG juga memiliki alpha channel, yang merupakan nilai penentu transparansi gambar dan biasa ditemui pada gambar berformat PNG.

Di internet, telah tersedia sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membuat gambar dengan format BPG. Selain pilihan model warna dan kedalaman bit, ada dua nilai yang harus Anda tentukan pada gambar berformat BPG. Yang pertama adalah nilai kualitas.

Anda dapat menentukan pilihan dari angka 0 hingga 51. Semakin kecil angka yang Anda pilih, semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan. Nilai lain yang harus Anda tentukan merupakan nilai kompresi. Anda dapat memilih nilai dari 0 sampai 9. Semakin tinggi nilai yang dipilih, semakin baik pula kompresi yang dilakukan pada gambar.

Satu hal yang harus Anda ingat adalah semakin baik proses kompresi yang dilakukan, maka waktu yang diperlukan untuk melakukan dekompresi dan menampilkan gambar juga menjadi semakin lama.

Faktor berikutnya yang perlu diperhatikan saat menggunakan format baru adalah kompatibilitas dengan peramban internet. Untungnya, format BPG kompatibel dengan semua peramban yang populer.


(MMI)

Valverde tak Yakin Fan Barcelona Mencintai Dirinya
Barcelona 2017--2018

Valverde tak Yakin Fan Barcelona Mencintai Dirinya

3 hours Ago

Ernesto Valverde enggan jemawa dengan start positif Barcelona musim ini.…

BERITA LAINNYA
Video /